Melihat Kegiatan ODGJ yang Dinyatakan Sembuh di RSJ Lawang dalam Program Rumahku

Jul 06, 2021 11:21
Ngedum Ojir (YouTube JatimTIMES)
Ngedum Ojir (YouTube JatimTIMES)

INDONESIATIMES - Program berbagi Ngedum Ojir JatimTIMES Network tak henti memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kali ini, tim Ngedum Ojir berkesempatan untuk datang ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang. 

Program ini diawali dengan sambutan Direktur JatimTIMES Network Lazuardi Firdaus yang ditemani oleh Koordinator Pelayanan Penunjang Susiati, Opukasi Terapis Lulut Jokomulyono , dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Nur Asrori. 

Dijelaskan oleh Firdaus jika mereka ingin memberikan pembekalan kepada ODGJ yang dinyatakan sembuh dan siap dipulangkan. Namun mereka masih dititipkan oleh keluarganya di RSJ tersebut. 

Program tersebut bernama "Progam Rumahku". Program tersebut dilakukan 1 minggu 3 kali. 

Diceritakan pula oleh Firdaus jika Program Rumahku ini adalah program di RSJ yang dimiliki satu-satunya di Indonesia. 

"Program Rumahku ini ODGJ yang sudah siap pulang ditampung nanti diberikan pendidikan keterampilan untuk siap hidup kembali ke masyarakat dan keluarga," ujar Firdaus. 

Firdaus pun bergegas mengajak sahabat Ngedum Ojir untuk melihat kegiatan ODGJ. Sambil perjalanan, dijelaskan oleh Susi bahwa di RSJ tersebut memiliki 20 unit rumahku yang diperuntukan untuk pasien yang setelah selesai rehab.

"Kemudian keluarganya menghendaki tetap tinggal di sini, kemudian ditunggu sama perawatnya, kalau pagi masuk day care sampai jam 2 siang. Kemudian sorenya baru dengan perawat," ujar Susi. 

Untuk biaya hidup, kata Susi, dikenakan tarif Rp 200 ribu untuk kos 1 bulan. Sedangkan untuk kebutuhan pokok dikirim oleh keluarga. 

Lantas apa itu day care? 

"Day care itu nanti pasiennya tetap di sini, setelah itu mendapat kegiatan di rehabilitasi sosial. Biasanya kalau laki-laki ada pertanian, pertukangan, jahit menjahit," ujar Lulut. 

Susi lantas menjelaskan jika memfalisitasi masyarakat khususnya yang sudah sembuh dan memiliki bakat minat merupakan tujuan dari Program Rumahku ini. 

Firdaus pun menanyakan apa sebenarnya yang menjadi penyebab utama mereka sudah sembuh namun belum bisa diterima oleh keluarganya. 

"Kalau tidak menerima itu tidak, keluarganya tetap menerima akan tetapi di rumah mungkin untuk penjagaan secara maksimal kemudian kegiatan-kegiatan lanjutan yang sudah diberikan dari rehab sebelumnya, di rumah tidak ada yang nunggu, jadi dikembalikan ke sini dengan tujuan agar keterampilannya tetap diasah," kata Susi. 

Terlihat pula bangunan beberapa unit yang digunakan pasien untuk menjalani Program Rumahku. Saat tim Ngedum Ojir masuk ke ruangan, tampak ruangan yang sangat bersih dan layak huni. 

Di ruangan itu terdapat kamar mandi, lemari dan wastafel. Dalam 1 kamar akan diisi oleh 2 orang. 

Firdaus meminta izin kepada Susi untuk berkesempatan berbincang dengan ODGJ yang sudah sembuh dan sedang melakukan kegiatan. Tampak beberapa orang yang sedang sibuk dengan tanaman brokoli. 

Mereka berasal dari berbagai kota, seperti Trenggalek, Probolinggo dan Kediri. Firdaus kemudian bertanya kepada salah satu dari mereka kenapa bisa berada di sini. "Ibu meninggal," tutur pria itu. 

Pria itu lantas mengaku jika hidup disana sangat enak karena semua baik dan sabar. Pria itu pun mengaku dulunya pernah bekerja sebagai petani. 

Sehingga ia lihai dalam hal bercocok tanam saat ada di RSJ itu. 

"Nanti kalau sudah pulang mau kerja apa?" tanya Firdaus lagi. 

"Ya kalau mau dikasih kerjaan lagi mau pak," jawabnya. 

Program Ngedum Ojir tersebut merupakan bentuk kepercayaan dari pembaca JatimTIMES Network untuk disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu. Para pembaca JatimTIMES Network pun bisa menyampaikan kepeduliannya dan turut berbagi dengan mendatangi atau menghubungi kantor JatimTIMES.

Dengan program ini, diharapkan masyarakat yang benar-benar membutuhkan dapat merasakan sedikit kebahagiaan serta memberikan inspirasi mengenai nilai-nilai kehidupan kepada pembaca setia JatimTIMES Network di mana pun berada.

Episode JatimTIMES Ngedum Ojir akan terus berlanjut untuk “Berbagi Kebahagiaan dan Mengukir Senyuman”.

Topik
ngedum ojirprogram ngedum ojirmengukir senyumanLazuardi Firdaus

Berita Lainnya

Berita

Terbaru