Bisa Kuliah Gratis, Unisma Sediakan Berbagai Macam Jenis Beasiswa

Jul 05, 2021 16:11
Ilustrasi beasiswa (istimewa)
Ilustrasi beasiswa (istimewa)

MALANGTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma), masih membuka peluang mahasiswa baru mendapatkan beasiswa. Berbagai macam program beasiswa telah disediakan di Unisma. Hal ini dibenarkan Wakil Rektor 3, Dr Ir H Badat Muwakhid MP. 

Dijelaskan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan itu, jika beberapa jenis beasiswa yang tersedia di Unisma, seperti Beasiswa Siswa Juara, Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Baznaz Muamalah  maupun beasiswa dari para alumni.

Untuk Beasiswa Siswa Juara, lebih lanjut dijelaskannnya, jika syaratnya para mahasiswa harus bisa menunjukkan jikalau mereka pernah meraih juara atau prestasi baik akademik maupun non akademik.

"Bisa olahraga, seni dan yang lainnya. Mereka akan mendapatkan beasiswa Dana Pengembangan Pendidikan (DPP), Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) selama kuliah atau sampai lulus," terangnya, Senin (5/7/2021).

Selanjutnya, adalah Program Beasiswa KIP. Pada program beasiswa ini para mahasiswa yang memenuhi syarat akan mendapatkan beasiswa kuliah sampai dengan mereka lulus. Bukan hanya biaya kuliah, namun juga tunjangan hidup selama kuliah.

1

"Kalau beasiswa ini masih ada, sampai tanggal 18 Juli 2021 dan kemudian akan diseleksi pada tanggal 27 Juli 2021," bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain KIP, juga terdapat program beasiswa Basnaz Muamalah. Sama halnya seperti Beasiswa KIP, mahasiswa yang meraih beasiswa itu juga akan mendapatkan biaya kuliah dan juga tunjangan hidup. 

Kemudian program beasiswa selanjutnya adalah Beasiswa Alumni. Beasiswa ini diberikan dari alumni Unisma. Akan tetapi, beasiswa ini berada pada masing-masing fakultas. Sebab yang mempunyai relasi adalah dari fakultas itu sendiri.

"Yang punya relasi dari fakultas, jadi beasiswa untuk mahasiswa yang di fakultas sendiri. Yang ada itu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, itu yang sudah ada," paparnya.

Sementara itu, untuk kuota dari masing-masing program beasiswa, Beasiswa KIP 244 orang, Beasiswa Siswa Juara ada 70 orang, Beasiswa Basnaz 50 orang dan beasiswa lainnya juga dengan kuota 50 orang. Dari kuota yang ditentukan, para peminat beasiswa terlihat begitu antusias. Para pendaftar bahkan telah melebihi kuota yang telah ditetapkan.

"Antusias ini saya kira juga karena faktor pandemi. Dulu sebelum pendemi belum sebanyak ini. Karena ini tentunya juga meringankan beban orang tua ," pungkasnya.

Topik
beasiswa s1 populerKeahlian yang dicariunisma malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru