Program Mobile JKN, Mudahkan FKTP Berikan Layanan Optimal Peserta JKN-KIS

Jul 03, 2021 18:40
Tenaga medis di salah satu FKTP yang menggunakan layanan Mobile JKN, Drg Endang. (Foto: BPJS Kesehatan Malang)
Tenaga medis di salah satu FKTP yang menggunakan layanan Mobile JKN, Drg Endang. (Foto: BPJS Kesehatan Malang)

MALANGTIMES - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih terus mewabah dan mengharuskan masyarakat untuk tidak berkerumun serta serba dibatasi, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) masih terus memberikan kemudahan pelayanan kesehatan. 

Salah satunya melalui Program Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (MJKN) yang membuat masyarakat lebih mudah dan tidak perlu mengantre hingga berkerumun dalam memperoleh layanan kesehatan di FKTP. Dan juga pihak FKTP pun dapat lebih optimal dalam memberikan layanan kesehatan. 

Salah satu tenaga medis di FKTP yakni Drg Endang mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 yang serba terbatas ini kemajuan dan kecanggihan teknologi menjadi salah satu perantara untuk memberikan kemudahan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

"Sekarang ini peserta memiliki rasa cemas untuk datang langsung ke FKTP meskipun hanya konsultasi menyampaikan keluhan. Untungnya pasien ada inisiatif sendiri untuk menghubungi saya melalui WhatsApp maupun melalui MJKN," ungkapnya kepada MalangTIMES.com. 

Dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini, Endang merasa terbantu dan mendapatkan solusi yang efektif sebagai tenaga medis untuk memberikan layanan kesehatan bagi pasien. Dan dengan begitu, layanan kesehatan masih tetap optimal meskipun tidak kontak secara langsung. 

"Senang karena mendapat fasilitas untuk selalu dapat melayani pasien dengan optimal melalui kontak tidak langsung meskipun berada di kondisi pandemi seperti ini," ujarnya. 

Namun, dari penuturan Endang tidak semua masyarakat menggunakan aplikasi Mobile JKN. Pasalnya, juga terdapat para pasien yang sudah berumur dan tidak memiliki smartphone untuk mengakses aplikasi Mobile JKN. 

Kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan merupakan harapan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi dengan kondisi pandemi seperti ini, BPJS Kesehatan selalu menyinergikan apapun terkait pelayanan kesehatan. 

Mulai dari hal yang paling kecil yaitu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai sistem maupun tata cara menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Hal tersebut yang saat ini menjadi fokus utama BPJS Kesehatan. 

Sementara itu, dengan adanya pandemi Covod-19 ini tidak menghambat pelayanan dari tenaga medis dengan pasiennya. Sehingga paserta tetap mendapat pelayanan yang optimal meskipun melalui kontak tidak langsung. 

‘"Terakhir, saya berharap agar kemudahan mengakses fasilitas kesehatan seperti ini menjadi program pemerintah yang diurus oleh BPJS Kesehatan akan semakin baik kedepannya," pungkasnya.

Topik
BPJS Kesehatanprogram mobile jaminan kesehatan nasionalforkopimka singgahan tuban
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru