Suasana Kota Batu di Hari Pertama PPKM Darurat, Sepi dan Lengang

Jul 03, 2021 09:43
Terlihat jalan di kawasan Alun-Alun Kota Batu hanya ada dua kendaraan roda dua yang melintas (Foto: Istimewa).
Terlihat jalan di kawasan Alun-Alun Kota Batu hanya ada dua kendaraan roda dua yang melintas (Foto: Istimewa).

BATUTIMES - Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai diberlakukan di Kota Batu sejak hari ini, Sabtu (3/7/2021). Suasana Kota Apel itu pun tampak tak sesibuk hari sebelumnya. Tampak, jalanan lengang dan tak sepadat hari biasanya.

Pada hari-hari biasa, Kota Batu akan selalu ramai sejak pagi hari pukul 07.30 WIB. Terutama saat weekend, suasana kota wisata itu akan sangat ramai dengan lalu lalang kendaraan. Namun pada pagi ini, tampak hanya beberapa kendaraan saja yang melintas di kawasan protokol kota. 

Bukan hanya itu saja, aktivitas warga yang biasanya berolahraga di pagi hari juga demikian. Tak terlihat ada masyarakat yang berolahraga dan Alun-Alun Kota Batu turut lengang.

Biasanya di sana sudah ramai dengan aktivitas olahraga, seperti bersepeda, jalan kaki, dan sebagainya. Tapi kondisi saat ini Alun-Alun Kota Batu terlihat sepi.

Nampaknya, warga mulai patuh dan sadar akan pencegahan Covid-19. “Biasanya jam segini, hari Sabtu, jam setengah delapan jalan-jalan di sekitaran Alun-Alun kota Batu sudah ramai dengan orang berolahraga baik jalan kaki dan yang ngetren sekarang bersepeda,” kata Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

"Belum lagi kendaraan yang siap-siap mendatangi tempat wisata. Dan, tara, baru saja saya intip by cctv di HP, jalanan sgt lengang,” imbuhnya. 

Menurut Dewanti, kesadaran warga Kota Batu terkait pencegahan covid-19 terus mengalami peningkatan. Hal itu dibuktikan dengan masyarakat yang sudah menyadari adanya PPKM darurat

“Rasanya semua sudah menyadari kalau mengurangi aktivitas adalah mendukung suksesnya PPKM Darurat,” ujar politisi PDIP.

Dengan mengikuti aturan PPKM darurat sebagai upaya untuk memutus penyebaran Covid-19, dia berharap masyarakat Kota Batu bisa segera beraktivitas kembali dengan normal. Sehingga, kehidupan akan kembali seperti sediakala.

“Dengan memutuskan penyebaran virus yang akhirnya bukan hanya menjadikan masyarakat sehat. Tapu kembali bisa beraktivitas normal dan menjadikan semua kehidupan lebih baik,” terangnya.

Dewanti pun meminta warganya agar tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Kemudian melakukan aktivitas dari rumah.

“Sebaiknya jika tidak ada keperluan mendesak seperti beli obat atau sembako itu sebaiknya tetap di rumah. Semoga semua bisa beraktivitas dari rumah dengan senang dan bahagia,” harap istri Eddy Rumpoko ini.

Selain itu, Dewanti juga meminta agar warga patuhi protokol kesehatan dengan 5M, memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

Topik
sebutan jokowiKota BatuAlun alun Kota BatuWali Kota Batu Dewanti Rumpokosuasana ppkm darurat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru