Laksanakan Instruksi PPKM Darurat, Pemkab Malang Bakal Lakukan Penyekatan

Jul 02, 2021 18:08
Forkopimda Kabupaten Malang saat melakukan rapat koordinasi PPKM Darurat (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Forkopimda Kabupaten Malang saat melakukan rapat koordinasi PPKM Darurat (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan mengikuti arahan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) dalam menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Bupati Malang HM Sanusi menegaskan bahwa pihaknya akan menjalankan PPKM Darurat se Jawa-Bali sesuai dengan Inmendagri. “Kabupaten Malang mengikuti Inmendagri yang barusan keluar. Nanti tiga kepala daerah akan ketemu untuk melakukan PPKM sesuai dengan ketentuan,” ujar Sanusi, Jum'at (2/7/2021).

Sebelumnya, Kabupaten Malang tidak termasuk wilayah yang menyelenggarakan PPKM Darurat. Namun informasi yang didapatkan media ini, 38 kota/kabupaten di Jawa Timur harus melaksanakan kegiatan tersebut untuk menekan penyebaran covid-19.

“38 kota dan kabupaten di Jawa Timur masuk dalam PPKM Darurat, cuma beberapa daerah masuk level IV dan Kabupaten Malang masuk level III,” ungkap dia.

Dengan adanya PPKM Darurat tersebut, rencananya akan dilakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan Malang Raya. Termasuk ketiga wilayah antara Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

“Penyekatan rencananya dilakukan antara Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Jadi tiga kepala daerah sudah kesepakatan melakukan yang terbaik untuk menangani covid-19 ini,” tegas Sanusi.

Sementara itu, disinggung mengenai fasilitas umum di Kabupaten Malang pada penyelenggaraan PPKM Darurat, Sanusi menyebut hal itu akan dibahas kembali bersama Forkopimda. Karena pihaknya hanya melakukan pertemuan dengan beberapa jajaran sebelum Inmendagri keluar.

“Seperti tempat ibadah dilihat dulu, nanti kami akan bahas. Tapi kalau fasilitas umum tutup. Intinya physical distancingnya harus tetap dilakukan,” pungkasnya.

Topik
sebutan jokowiairlanggga hartartopaparan covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru