Dalang Ki Manteb Sudharsono Tutup Usia, Begini Kiprahnya dalam Dunia Perwayangan

Jul 02, 2021 11:25
Ki Manteb Sudharsono (Foto:ngopibareng.id)
Ki Manteb Sudharsono (Foto:ngopibareng.id)

INDONESIATIMES - Kabar duka kini telah menyelimuti dunia pewayangan Indonesia. Dalang kenamaan asal Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, Ki Manteb Sudharsono dikabarkan meninggal dunia, pagi ini, Jumat (2/7/2021). 

Ki Manteb meninggal di rumahnya sekitar pukul 10.00 WIB. Kabar duka ini disampaikan oleh Sekretaris Paguyuban Dhalang Surakarta (Padhasuka), Ki Sugeng Nugroho.

"Mas Manteb wafat pagi ini. Baru saja dikabari Mbak Warti (istri Ki Manteb). Mas Manteb wafat di rumahnya," ujar Ki Sugeng.

Ki Sugeng pun mengatakan dirinya kini sedang perjalanan ke rumah duka. Ia juga belum bisa memberikan informasi lebih jauh mengenai penyebab wafatnya Ki Manteb maupun rencana pemakamannya.

"Nanti saya kabari lagi," papar Ki Sugeng yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Pertunjukan ISI Surakarta tersebut.

Untuk diketahui, sosok dalang kelahiran 31 Agustus 1948 memiliki komorbid penyakit di paru-parunya.

Ki Manteb Sudharsono merupakan sesepuh dalang gaya Surakarta. Gaya sabetnya yang terkenal hingga dia menjabat julukan 'dalang setan' karena kepiawaian dan kecepatan memainkan anak wayang, terutama dalam adegan perang.

Dalam dunia pewayangan, Ki Manteb juga menjabat sebagai penasehat di organisasi Paguyuban Dalang Surakarta. Kiprahnya dalam dunia wayang juga diabadikan dalam buku "Ki Manteb Soedarsono Pemikiran dan Karya Pedalangannya,".

Topik
Ki Manteb Sudharsonodunia wayangpenutupan tempat wisata

Berita Lainnya

Berita

Terbaru