Menuju Kota Ramah Lansia, Kota Malang Bangun Panti Jompo Berkonsep Vila

Jul 02, 2021 11:20
Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang, Penny Indriyani. (Tubagus Achmad/MalangTIMES).
Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang, Penny Indriyani. (Tubagus Achmad/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam memberdayakan warga lanjut usia (Lansia) terus dioptimalkan. Terlebih, Kota Malang tengah berproses untuk mewujudkan diri sebagai Kota Ramah Lansia.

Guna pencapaian itulah, Pemkot Malang terus memberikan fasilitas untuk bisa dinikmati para lansia. Taman lansia, hingga posyandu lansia juga terus dioptimalkan.

Terbaru, rencananya Pemkot Malang juga bakal memfasilitasi para lansia dengan pendirian bangunan panti jompo terpadu. Di mana, nantinya, bangunan akan dikonsepkan bak vila khusus lansia.

"Memang inginnya kita itu bisa punya panti seperti di Sunan Muria. Pinginnya ini kita kayak villa konsepnya. Mungkin nanti di tahun 2022 dibangun," ujar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang, Penny Indriyani.

Rencana pembangunan Panti Jompo Terpadu berkonsep vila lansia ini nantinya bakal ditempatkan di wilayah Malang timur. Hal ini pun menjadi salah satu program prioritas yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Malang tahun 2018-2023.

"Anggarannya masih disiapkan, yang pasti harapannya nanti areanya luas. Keinginannya daerah yang dekat-dekat Kedungkandang itu," jelasnya.

Di samping bakal dibuatkannya fasilitas baru ini, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang juga terus berupaya dalam peningkatan kualitas hidup dan pemberdayaan bagi kelompok lansia.

Yakni, melalui program-program khusus yang menyasar kelompok masyarakat berusia lanjut. Di antaranya, Rantang Kasih, Bantuan Kebutuhan Pokok, Family Support, Social Home Care, pengembangan ruang terbuka hijau (RTH) menuju Taman Ramah Lansia, Posyandu Lansia, dan pembinaan Karang Werda Kota Malang.

"Kualitas perlindungan sosial juga perlu ditingkatkan. Terkait lansia, masih terbatasnya tempat penampungan penyandang masalah kesejahteraan sosial (khususnya rumah lansia)," pungkasnya.

Topik
kota Ramah LansiaKota Malangvila khusus lansiasesepuh dalangDinsos P3AP2KB Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru