Wujudkan Pasar Rakyat Kualitas SNI, Giliran Pasar Bareng Dipoles

Jul 02, 2021 09:09
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, M Sailendra. (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, M Sailendra. (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Proses pembenahan fasilitas di sejumlah pasar rakyat terus dioptimalkan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Kali ini, giliran Pasar Bareng yang bakal segera dipoles untuk diperindah.

Berdasarkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Malang, anggaran pembangunan fisik revitalisasi Pasar Bareng ini senilai Rp 341,4 Juta. Lelang dimenangkan kontraktor asal Trenggalek dalam tender Jasa Konstruksi Fisik Pasar Bareng Kota Malang pada 23 Juni 2021 lalu. 

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang M Sailendra mengatakan, proses revitalisasi Pasar Bareng ini tidak akan dilakukan total. Melainkan, hanya akan dilakukan pembenahan saja.

Di mana, pembenahan itu untuk disesuaikan menjadi pasar rakyat yang lebih representatif dan sesuai standar nasional Indonesia (SNI). "Untuk Pasar Bareng nanti akan ada pembenahan saja. Konsepnya nanti sesuai standar pasar SNI,"ujarnya.

Sailendra menjelaskan, pasar berstandar SNI ini mengusung konsep seperti pasar lainnya yang telah direvitalisasi lebih dulu. Yakni, berpedoman pada konsep pasar rakyat yang modern dan sehat.

Hanya saja, khusus untuk Pasar Bareng konsep pasar yang direncanakan bakal dibuat dengan desain beda, yakni desain yang menguatkan khas pasar seni. Pembangunannya sendiri akan dimulai pada Juli 2021 ini.

Dengan desain yang lebih mengarah pada roh seni, nantinya akan ditambah dengan fasilitas penunjang kesenian. Seperti, tambahan instalasi pameran seni, atau memungkinkan juga sarana prasarana penunjang pertunjukan seni.

Di samping itu juga ads beberapa insfratruktur yang kurang memadai akan turut disempurnakan. Di antaranya saluran drainase pasar dan penguatan atap-atap pasar agar tidak bocor ketika hujan melanda.

"Nanti di bulan Juli ini targetnya sudah mulai dikerjakan," tandasnya.

Topik
Revitalisasi PasarPasar Rakyatpasar barengKota MalangDiskopindag Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru