Klaster Baru, 15 Warga Kota Malang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Jul 01, 2021 18:28
Situasi kampung di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 1, Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang yang tampak sepi, Kamis (1/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Situasi kampung di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 1, Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang yang tampak sepi, Kamis (1/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Klaster baru penyebaran Covid-19 di Kota Malang kembali terjadi. Kali ini menyasar perkampungan di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 1, RT. 11/RW. 02, Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Hal itu diketahui pertama kali oleh MalangTIMES.com saat melintas dan melihat bendera merah yang terpasang di depan Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 1. Selain itu juga terdapat banner membentang secara horizontal dengan bertuliskan imbauan kepada warga luar kawasan tersebut.

"Stop!!! Siapapun Anda selain warga RT. 11/RW. 02 dilarang masuk!!! Kecuali tenaga medis atau satgas Covid," tulis pada banner tersebut. 

Kemudian, jika merujuk pada pernyataan Dinas Kesehatan Kota Malang, arti pemasangan bendera merah di suatu wilayah berarti menandakan bahwa di wilayah tersebut terdapat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang jumlahnya lebih dari 10 orang. 

Ketika dikonfirmasi, Kepala Puskesmas Rampal Celaket Muhammad Ali Syahib membenarkan bahwa telah terjadi penyebaran Covid-19 di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 1, Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

Di mana penyebaran tersebut, awal mulanya ketika diketahui ada satu orang yang dinyatakan positif Covid-19 terlebih dahulu setelah melalui swab PCR (Polymerase Chain Reaction).

"Awalnya satu pasien ada yang Swab PCR dan terkonfirmasi (positif Covid-19, red) di salah satu rumah sakit dan sekarang menjalani rawat inap," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Kamis (1/7/2021). 

Selanjutnya tim kesehatan yang berada di rumah sakit berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk melakukan tracing dan tracking. Hasilnya terdapat 14 orang yang kontak erat dengan pasien awal. 

Namun, untuk satu pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di awal masih terus dilakukan tracing dan tracking. Karena, hingga sampai saat ini masih belum diketahui penyebab tertularnya dari mana. 

"Tapi kalau yang (14 warga, red) kontak eratnya positif antigen, itu karena acara kerja bakti," terangnya. 

Sementara itu, hingga petang ini kondisi kampung di Jalan Jaksa Agung Gang 1 tersebut sudah melakukan pembatasan aktivitas warga dengan ketat. Selain itu, tim Satgas Covid-19 Puskesmas Rampal Celaket juga terus melakukan pemantauan terkait perkembangan situasi warga di perkampungan tersebut. 

"Untuk lingkungan sudah kondusif dalam pemantauan tim. Untuk dukungan kami berikan multivitamin dan obat sesuai gejala," pungkasnya.

Topik
izin turnamenCovid 19 Kota MalangDinkes Kota Malangpuskesmas rampal celaketberita covid 19 kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru