BOR Tempat Tidur Isolasi RS Rujukan di Kota Batu 76,67 Persen

Jul 01, 2021 10:59
Update situasi Covid-19 Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Update situasi Covid-19 Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

BATUTIMES - Kasus Covid-19 di Kota Batu masih belum mereda. Karena itu ada beberapa langkah antisipasi yang telah dilakukan oleh Pemkot Batu. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Batu, Ony Ardianto menjelaskan, sudah ada lima langkah yang dilakukan oleh Pemkot Batu. Pertama melakukan koordinasi dengan seluruh rumah sakit rujukan yang ada di Kota Batu.

“Koordinasi dilakukan untuk menambah kapasitas tempat tidur isolasi dan tempat tidur ICU,” ucapnya. Kemudian pihaknya juga memastikan ketersediaan obat, alat kesehatan, dan sarana-sarana penunjang lainnya di RS rujukan perawatan dan puskesmas.

Saat ini Bed Occupancy Ratio (BOR) tempat tidur isolasi rumah sakit rujukan hingga Rabu mencapai 76,67 persen. Untuk BOR tempat tidur ICU rumah sakit rujukan tercatat sebesar 75 persen. 

Melakukan pelacakan kasus dan pemeriksaan kontak erat terus dijalankan secara intensif oleh puskesmas, bekerja sama dengan satgas desa/kelurahan, Babinsa, Babinkamtibmas, dan tokoh masyarakat setempat.

“Selaiqqn itu kami juga melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 didukung oleh pihak Polres Batu dan TNI,” tambahnya Kamis (1/7/2021). Juga melakukan koordinasi dengan organisasi profesi dan jejaring pelayanan kesehatan di Kota Batu dan Malang Raya untuk membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Sementara dari analisasi peningkatan jumlah kasus baru terkonfirmasi Covid-19 dalam periode 15-30 Juni 2021 di wilayah Kota Batu tercatat sebesar 900 persen atau sembilan kali lipat. Jumlah sebagian besar kasus baru itu didapati dari kontak erat keluarga pasien konfirm. 

Sedangkan pada Rabu (30/6/2021) ada tambahan 8 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian jumlah kumulatif kasus saat ini mencapai 1.635 orang. 63 di antaranya merupakan pasien aktif.

Sedangkan pada Selasa juga ada tambahan pasien yang sembuh 11 orang. Sehingga total kesembuhan kumulatif mencapai 1.414 orang. Sementara kasus kematian bertambah satu orang menjadi 148 orang.

Dengan tambahan pasien yang sembuh ada dua orang. Sehingga total kesembuhan kumulatif mencapai 1.422 orang. Sementara kasus kematian bertahan di angka 149 orang.

“Untuk kawasan zona kuning ada 46 RT, sisanya adalah zona hijau sebanyak 1.092. Kota Batu tingkat RT tidak ada zona oranye maupuan merah,” terang Onny.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pemkot Batu meminta warganya meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Topik
Covid 19covid 19 kota batuPenanganan Covid 19 Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru