Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Jokowi hingga SBY, 6 Tokoh Ini Disebut Sebagai "King Maker" Pilpres 2024

Penulis : Desi Kris - Editor : Lazuardi Firdaus

01 - Jul - 2021, 07:58

Jokowi dan SBY (Foto: BBC)
Jokowi dan SBY (Foto: BBC)

INDONESIATIMES - Sebutan sebagai "King Maker" Pilpres 2024 kembali mencuat. Sebelumnya, terdapat 3 tokoh yang disebut sebagai King Maker Pilpres 2024 yakni Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto. 

Namun kini hasil survei menunjukkan terdapat 6 tokoh yang dianggap layak sebagai King Maker Pilpres 2024. Direktur Eksekutif Surveylink Indonesia Wempy Hadir menyatakan ada sosok king-queen maker pada Pilpres 2024 mendatang. 

"Saya melihat bahwa kalau melihat konstelasi politik hari ini, setidaknya ada 6 king maker yang saya kira kita bisa catat," kata Wempy dalam sebuah webinar, Rabu (30/6/2021). 

Wempy mengatakan sosok pertama yang menjadi King Maker Pilpres 2024 adalah Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Jokowi bisa menjadi king maker karena merupakan orang yang paling berkuasa saat ini di Indonesia.

Meski Jokowi tidak menjadi ketua umum sebuah partai politik, kata Wempy, namun menteri-menteri dalam Kabinet Indonesia Maju sangat layak kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Kondisi seperti itu, menurut Wempy, Jokowi akan mampu mendorong kemanapun arah politik. 

Ia juga menilai bahwa Jokowi bisa menentukan siapa yang akan menjadi presiden pada 2024. Kemudian, sosok ke-2 yang menjadi king maker yakni Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

Wempy menilai, Mega saat ini masih menjadi orang nomor 1 di partai penguasa yang telah memenangi 2 pemilu berturut-turut, 2014 dan 2019.

"Saya kira kekuatan ini bisa dikapitalisasi untuk menjadi kekuatan elektoral pada pilpres akan datang. Apalagi kalau kita lihat Megawati sangat percaya diri," cetus Wempy. 

Berikutnya ada Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Menurutnya, selain menjadi king maker, Prabowo masih memiliki peluang untuk menjadi salah 1 calon presiden pada Pilpres 2024.

Kendati demikian, Wempy melihat saat ini Prabowo masih menghadapi dilema antara maju sendiri atau mencalonkan orang lain di internal Gerindra.

"Mungkin saja mendorong kader dari Gerindra yang akan berkoalisi dengan PDIP," imbuhnya.

Nama lainnya yang muncul sebagai king maker ialah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Wempy menyebut, bahwa SBY dapat menjadi king maker lantaran masih berupaya mendorong putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga Ketua Umum Partai Demokrat berkarier di ranah politik.

Ada pula nama mantan Wakil Presiden dan politikus Golkar Jusuf Kalla (JK). Ia melihat, meski JK tidak menjadi ketum parpol, namun JK masih lihai dalam menentukan calon pemimpin.

Salah satu bukti tangan dingin JK yaitu saat memajukan Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada DKI 2017. Saat itu, Anies yang maju bersama Sandiaga Uno berhasil memenangkan Pilkada dengan mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan pasangan AHY-Sylviana Murni.

JK juga merupakan salah 1 pengusaha sukses dan sebagai mantan wapres, JK dinilai masih memiliki jaringan kekuasaan yang baik. Terakhir, ada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. 

Wempy melihat hubungan NasDem dengan partai koalisi lainnya cukup renggang belakangan ini. Oleh sebab itu, bisa saja Surya memanfaatkan momentum tersebut untuk membangun koalisi sendiri. 

Terlebih, beberapa waktu lalu, Surya sempat bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tanpa partai koalisi lainnya.

"Saya melihat agak dingin hubungan antar koalisi, seolah-olah Surya tidak akan diajak lagi dalam koalisi yang akan datang 2024," ujar Wempy. 

Dengan demikian, jika melihat politik NasDem, Surya Paloh mencoba untuk berada di luar daripada garis koalisi yang ada. 


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Lazuardi Firdaus