Tingkatkan Perolehan Pajak Hotel, Bapenda Dorong OPD Gelar Kegiatan di Hotel Kabupaten Malang

Jun 30, 2021 23:08
Ilustrasi perolehan pajak (foto: istimewa)
Ilustrasi perolehan pajak (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) menggunakan hotel di Kabupaten Malang sebagai venue kegiatan. Hal itu  selain untuk membantu meningkatkan okupansi hotel, juga untuk meningkatkan perolehan pajak dari sektor hotel.

Kepala Bapenda Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara mengatakan bahwa pihaknya telah bersurat kepada OPD di Kabupaten Malang agar memanfaatkan hotel yang ada di wilayahnya untuk mengelar kegiatan. Hal itu untuk membantu perolehan pendapatan asli daerah (PAD).

“Ya benar. Kami sudah bersurat kepada OPD untuk menggunakan hotel di Kabupaten Malang jika ada kegiatan,” ujar Made kepada media ini, Rabu (30/6/2021).

Tetapi, Made juga menerima masukan dari beberapa OPD bahwa ada kendala ketika akan menggunakan hotel yang ada di Kabupaten Malang. Salah satunya ketersediaan tempat yang dirasa kurang bisa menampung peserta kegiatan.

“Kadang kapasitasnya yang kurang  menampung peserta (kegiatan). Juga kadang setiap kegiatan kan sudah ada pakemnya. Paketnya harus seharga berapa, itu biasanya ada,” ungkap Made.

Dari target PAD pajak hotel pada tahun 2021 ini  sejumlah Rp 4,2 miliar, Bapenda telah mendapatkan sekitar Rp 968 juta. Sehingga pihaknya akan terus mendorong perolehan pajak.

“Pajak hotel saat ini baru 23 persen. Kalau pajak restoran sudah 48 persen. Kemudian pajak hiburan masih 28 persen sampai tengah tahun ini,” kata Made.

Oleh karena itu, Bapenda  tetap yakin perolehan PAD dapat di-push dari pajak bumi dan bangunan (PBB). Hal itu diakui karena pihaknya terus menyosialisasikan PBB kepada wajib pajak (WP).

“Ya memang itu salah satu yang bisa di masa pandemi ini. Karena WP-nya sudah jelas. Tinggal kerja sama dengan kepala desa dan camat, bagaimana menyampaikan kepada masyarakat. Karena pembayaran PBB juga bisa dimulai Juli besok,” pungkasnya.

Topik
Kejar target pajak hotelbapenda kabupaten malangbaju organza

Berita Lainnya

Berita

Terbaru