Kasus Covid Meningkat, UB Putuskan Tetap Lakukan Perkuliahan Daring

Jun 30, 2021 21:31
Rektor UB Prof Nuhfil Hanani (Doc MalangTIMES)
Rektor UB Prof Nuhfil Hanani (Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Meningkatnya angka persebaran covid-19 di Indonesia dan Jawa Timur hingga beberapa daerah berstatus zona merah turut direspons Universitas Brawijaya (UB). UB melalui surat  edaran resmi bernomor 6237/UN10/TU/2021 tentang perkuliahan tahun akademik 2021/2022 memutuskan untuk menyelenggarakan perkuliahan secara daring. 

Sebelumnya, direncanakan pada Juli, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menargetkan perkuliahan tatap muka dapat dibuka. Namun pihak UB tak mau ambil risiko.

Rektor UB, Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS, ketika dikonfirmasi perihal surat edaran dan keputusan untuk tetap melakukan perkuliahan secara daring, membernarkan hal tersebut. 

1

"Benar (adanya surat edaran resmi bernomor 6237/UN10/TU/2021 tentang perkuliahan tahun akademik 2021/2022)," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan,  sesuai dengan apa yang ada dalam surat edaran, beberapa poin memang menjadi pertimbangan untuk memutuskan tetap melakukan pembelajaran secara daring. Pertimbangan tersebut antara lain adalah melihat angka persebaran covid-19 di Indonesia dan Jawa Timur samoai beberapa daerah  dinyatakan sebagai zona merah persebaran covid-19.

Poin selanjutnya, keterangan yang disampaikan melalui konferensi pers Tim Mitigasi PB IDI dan Perhimpunan 5 Profesi Dokter tantang melonjaknya kasus covid-19 di Indonesia tanggal 27 Juni 2021 dan policy brief dari Tim Satgas P3 Covid-19 Universitas Brawijaya.

Rektor,  dengan berpedoman pada Peraturan Rektor Nomor 35 Tahun 2020, tentang Penyelenggaraan Kampus Tangguh Universitas Brawijaya dalam Masa dan Pasca-Pandemi Covid-19, memutuskan empat poin yang salah satunya adalah tetap melakukan pembelajaran daring guna menjaga keselamatan seluruh warga lingkungan UB maupun sekitarnya. "Keselamatan semua warga," kata Nuhfil singkat.

Sementara itu, untuk empat poin keputusan tersebut adalah: 

1. Perkuliahan tahun akademik 2021/2022 dilakukan secara daring Perkuliahan dimaksud meliputi proses belajar mengajar, bimbingan, kuliah kerja/praktik lapangan, magang, ujian tugas akhir, dan/atau bentuk kegiatan terkait perkuliahan lainnya. 

2. Praktikum dapat diselenggarakan secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan wajib diawasi oleh satuan tugas covid-19 masing-masing fakultas/program. 

3. Satuan Tugas Covid-19 Universitas dan satuan tugas covid-19 fakultas/program melakukan pengawasan, pemenuhan, dan evaluasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran secara luring. 

4. Ketentuan teknis mengenai pelaksanaan pembelajaran daring dan praktikum yang diselenggarakan secara luring ditetapkan oleh masing-masing fakultas dan melaporkannya kepada Rektor. 

Melalui surat edaran yang ditandatanganinya, rektor menyatakan Surat Edaran Rektor Nomor 5733/UN10/TU/2021 tentang Perkuliahan Tahun Akademik 2021/2022 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. 

Topik
Universitas Brawijaya (UB)Rektor UBkuliah DaringSidak stok oksigen

Berita Lainnya

Berita

Terbaru