Batasi Jam Operasional Pusat Perbelanjaan, Sutiaji Tunggu Respons Pemda Malang Raya

Jun 30, 2021 10:21
Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Kebijakan Pemerintah pusat yang kembali memperketat aturan terhadap Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro nampaknya belum akan direalisasikan di Kota Malang.

Setelah sebelumnya, jam operasional pusat keramaian dibatasi hanya hingga pukul 20.00. Aturan pengetatan PPKM Mikro bakal direvisi. Di mana, dalam perubahan itu salah satunya menetapkan jam operasional sektor ekonomi seperti mal atau pusat perbelanjaan hingga pukul 17.00 WIB.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, penerapan terkait pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan masih belum akan dijalankan di Kota Malang. Pihaknya dalam hal ini masih akan melakukan koordinasi lebih lanjut, termasuk dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. "Belum, soal itu saya juga telepon Wali Kota Surabaya, kami mau koordinasi dulu," ujarnya.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan penerapan kebijakan baru tersebut akan dilakukan. Namun, hal itu jika seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) Malang Raya menyepakati hal serupa.

Dalam hal ini, Sutiaji menambahkan, telah memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang untuk berkoordinasi dengan sekda-sekda di Malang Raya. Hal ini guna  penentuan akan kebijakan baru dari pemerintah pusat tersebut.

Koordinasi 3 daerah ini rencananya bakal dilangsungkan dalam waktu dekat ini. Baru setelahnya, akan dijadwalkan untuk kepala-kepala daerah di Malang Raya membahas kesepatan akan penentuan kebijakan.

"Kita akan koordinasi dulu 3 daerah. Kita harus menentukan apa yang akan dilakukan bersama. Termasuk, akan dilakukan evaluasi kondisi Covid-19 di Malang Raya," tandasnya.

Sebagai informasi, terkait perubahan pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan ini disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito. Di mana, dalam waktu dekat pemerintah bakal merevisi aturan dalam PPKM Mikro yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 14 Tahun 2021.

Perubahan itu salah satunya menetapkan jam operasional sektor ekonomi seperti mal atau pusat perbelanjaan hingga pukul 17.00 WIB. Rencana keputusan anyar itu dijelaskannya hasil rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo Senin (28/6/2021) lalu.

Topik
ppkm mikroSutiajifakultas ekonomi unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru