Penyebab KMP Yunicee Tenggelam di Selat Bali, Ada Indikasi Kelebihan Muatan

Jun 30, 2021 08:36
KMP Yunicee Tenggelam di Selat Bali (Foto: detik.com)
KMP Yunicee Tenggelam di Selat Bali (Foto: detik.com)

INDONESIATIMES - Peristiwa kapal tenggelam kembali terjadi di Indonesia. Diketahui pada Selasa (29/6/2021) malam Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee, yang melayani penyeberangan di Selat Bali, tenggelam. 

Video tenggelamnya dan evakuasi KMO Yunicee pun viral di media sosial. Hingga saat ini proses evakuasi pun masih dilakukan. KMP Yunicee dikabarkan terbalik dan tenggelam di posisi utara lampu merah Gilimanuk, Bali, sekitar pukul 19.20 WITA. Hingga kini penyebab tenggelamnya kapal tersebut masih belum diketahui secara jelas. 

"Belum diketahui. Kita belum bisa menyimpulkan itu, salah satu faktor usia, bisa juga faktor human error, bisa juga faktor alam," kata Gubernur Bali Wayan Koster

Kendati demikian, Koster mengatakan jika ada indikasi kelebihan muatan dalam KMP Yunicee sehingga menyebabkan kapal itu tenggelam. Untuk diketahui, data yang diperoleh dari manifest kapal memuat 41 penumpang dan 16 anak buah kapal (ABK). 

Namun, hingga saat ini korban yang berhasil dievakuasi justru sebanyak 59 orang baik yang selamat maupun meninggal. Jumlah itu sudah lebih dibandingkan dengan data manifest yang ada. 

"Kalau melihat selisihnya, sepertinya ada kelebihan. Ada indikasi seperti itu, semestinya 57 yang ditemukan 59, berarti ini perlu verifikasi lagi," kata dia.

Koster mengatakan jika terdapat 1 keluarga yang meninggal berasal dari karangasem dan belum ditemukan. Begitu juga yang penumpang dari Jembrana, anak muda, satu keluarga, tapi bapaknya ibunya belum ketemu. "Sedangkan ini sudah 59, yang belum ketemu berarti masih ada ini," imbuhnya.

Lebih lanjut, Koster mengatakan jika ia akan menugaskan Dinas Perhubungan untuk melakukan kajian dan terus melakukan evakuasi terkait kecelakaan KMP Yunicee ini. 

Topik
Kapal TenggelamKapal tenggelam di Selat BaliI Wayan Kosterwayan koster

Berita Lainnya

Berita

Terbaru