Layak Jadi Pilihan, Ini Keunggulan Prodi Akutansi Unikama

Jun 29, 2021 16:55
Mahasiswa Prodi Akuntansi Unikama (Ist)
Mahasiswa Prodi Akuntansi Unikama (Ist)

MALANGTIMES - Program Studi (Prodi) Akutansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), bukan Prodi yang sembarangan. Prodi ini memiliki banyak keunggulan yang patut untuk dipertimbangkan bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan di Prodi Akuntansi.

Kepala Prodi Akuntansi, Ati Retna Sari SE MSA Ak menyebitkan dari sisi SDM, Prodi Akutansi Unikama memiliki dosen yang mumpuni dan sesuai bidang disiplin ilmu, bahkan terlibat sebagai praktisi secara langsung.

Bukan hanya itu, pada Prodi Akuntansi, juga memiliki galeri investasi ABG menjadi wadah bagi para mahasiswa yang ingin langsung mempraktekkan 
tentang jual beli dan pengetahuan tentang saham serta bisa mendapatkan sertifikasi sebagai pialang atau wakil perantara pedagang efek.

"Kami juga memiliki cpa test centre yang bisa mendapatkan sertifikasi acpai dan laboratorium akuntansi sebagai laboratorium penunjang praktikum akuntansi," bebernya.

Kurikulum Prodi Akuntansi telah menggunakan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pembelajaran menggunakan synchronous dan asynchronous (Spada Unikama, zoom, google classroom dan yang lainnya). Selain teori yang didapatkan, mahasiswa juga dibekali dengan pengalaman lapangan di dunia kerja melalui program magang.

"Softskill dari mahasiswa juga ditingkatkan melalui kegiatan-kegiatan seminar, workshop, pelatihan maupun ujian sertifikasi bekerjasama dengan para praktisi dan instansi terkait," terangnya.

Selain dari sisi SDM yang mumpuni, sejumlah prestasi juga telah diraih oleh Prodi Akutansi. Pada bidang akademik, Prodi Akutansi lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), lolos Akselerasi StartUp Mahasiswa Indonesia ( ASMI), dan lolos dalam Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI).

Untuk tahun ini terdapat sekitar 102 pendaftar. Namun dari para pendaftar tersebut, rata-rata pendaftar memilih konsentrasi Akuntansi Keuangan. Hal itu lantaran, karena masih banyaknya peluang kerja. "Tapi sebenarnya konsentrasi yang lain juga tak kalah. Prospek pekerjaan juga cukup besar, namun mahasiswa bisa memilih sesuai minatnya," ungkapnya

Prodi akuntansi sendiri, tentunya berkomitmen untuk terus berkembang sesuai dengan visi menjadi prodi yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional, dibidang Entitas Go Public, Entitas Syariah, Entitas Sektor Publik, Entitas UMKM, Koperasi dan Industri kreatif. 

Misi dari Prodi Akutansi, yakni menyelenggarakan pendidikan, penelitian, pengabdian untuk mengimplementasikan visi, serta menyiapkan lulusan  kompeten untuk menempuh studi lanjut baik dibidang pendidikan dan profesi, termasuk juga dalam mewujudkan tata kelola prodi yang transparan, akuntabel, dan beretika.

Pengembangan sendiri terus dilakukan dengan dilaksanakannya kurikulum MBKM ini. Prodi akuntansi telah bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi maupun instansi terkait untuk melaksanakan program magang agar mahasiswa kita dapat bersaing nantinya dalam dunia kerja. 

Ke depan pihaknya berharap, Unikama dapat mewujudkan visinya untuk menjadi universitas unggul dan prodi akuntansi dapat meningkatkan kualitas lulusan yang berdaya saing dan kompeten dalam dunia kerja sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini.  

"Dengan begitu, diharapkan akan banyak lagi calon mahasiswa yang ingin bergabung dengan Unikama, khususnya Prodi Akuntansi dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita nya," pungkasnya.

Topik
Unikamamahasiswa unikamaPengangkatan pengawas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru