Periode 15-27 Juni Peningkatan Covid-19 di Kota Batu 900 Persen

Jun 28, 2021 19:31
Update situasi Covid-19 di Kota Batu.
Update situasi Covid-19 di Kota Batu.

BATUTIMES - Peningkatan jumlah kasus baru terkonfirmasi Covid-19 dalam periode 15-27 Juni 2021 di wilayah Kota Batu tercatat sebesar 900 persen. Bagaimana tidak, tambahan setiap harinya dalam periode tersebut 7 hingga 10 pasien setiap harinya.

Seperti halnya pada Senin (28/6/2021) ada tambahan 10 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian jumlah kasus saat ini mencapai 1.612 orang. 50 di antaranya merupakan pasien aktif.

Sedangkan pada Selasa juga ada tambahan pasien yang sembuh 11 orang. Sehingga total kesembuhan kumulatif mencapai 1.414 orang. Sementara kasus kematian bertambah satu orang menjadi 148 orang. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Batu, Ony Ardianto mengatakan, penambahan kasus baru itu sebagian besar berasal dari kontak erat keluarga pasien konfirm. “Mereka tertular dari klaster perkantoran dan keluarga,” katanya.

Peningkatan jumlah pasien konfirmasi juga berimbas peningkatan pada Bed Occupancy Ratio (BOR) tempat tidur isolasi dalam periode tersebut. Yakni tercatat sebesar 173 persen. 

Sedangkan peningkatan BOR tempat tidur ICU tercatat sebesar 122 persen. Apabila ditinjau dari 14 indikator Bersatu Lawan Covid, kondisi Kota Batu pada Minggu ini skornya 2,19.

“Atau saat ini termasuk pada zona oranye atau wilayah dengan status risiko sedang,” tambah Ony. Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pemkot Batu meminta warganya meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan 5M.

Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Lalu dengan mengoptimalkan peran tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk menjadi role mode penerapan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing,” katanya.

Kemudian melaksanakan vaskin Covid-19 sesuai dengan gilirannya. Tidak hanya itu saja, tetapi juga menunda pelaksanaan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. 

Lalu lebih baik menunda sementara waktu berpergian ke luar kota terutama wilayah dengan status zona merah. Selain itu menghindari sementara waktu makan bersama atau makan di tempat umum atau aktivitas yang harus melepas masker di tempat umum.

Topik
Covid 19covid 19 kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru