Tanah Longsor di Desa Tulungrejo Ancam Akses Jalan Warga

Jun 28, 2021 15:16
Kondisi tanah longsor di Jl Besta RT 03 RW 16, Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)
Kondisi tanah longsor di Jl Besta RT 03 RW 16, Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda Kota Batu selama beberapa hari terakhir. Akibatnya, bencana tanah longsor kembali terjadi di Kota Batu.

Tanah longsor yang melanda kali ini terjadi di kawasan Jl Besta RT 03 RW 16, Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Tanah longsot itu terjadi lantaran hujan mengguyur di kawasan tersebut. 

Terlihat kondisi tanah longsor itu menggerus bahu jalan di sana. Agar warga  lebih waspada, petugas memberikan garis pengaman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, hujan deras yang mengguyur,membuat kondisi tanah yang jenuh tidak mampu menahan bahu jalan.  “Tanah longsor terjadi dengan dimensi panjang tujuh meter, tinggi empat meter dan lebar timbunan dua meter,” katanya, Senin (28/6/2021).

Akibatnya, akses jalan warga rawan terdampak. Sebab, bahu jalan seluruhnya sudah ambles. “Sehingga perlu dilakukan pembangunan pelengsengan teknis,”  tambah Agung. 

Selain itu, Agung meminta kepada warganya untuk tetap mewaspadai bencana di sekitar.  Itu meningat letak topografi Kota Batu yang berada di lereng gunung sehingga rawan bencana tanah longsor serta banjir bandang. 

Terlebih, pada Senin,  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan dini terhadap potensi banjir dengan level waspada saat hujan sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang sesaat.

Topik
Tanah LongsorTanah longsor di Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru