Peringatan Hari Lanjut Usia, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Gelar Sarasehan dan Bagi Alat Kesehatan

Jun 28, 2021 14:46
Suasana peringatan HLUN yang digelar Dinsos-P3AP2KB Kota Malang di Rayz Hotel UMM, Senin (28/6/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Suasana peringatan HLUN yang digelar Dinsos-P3AP2KB Kota Malang di Rayz Hotel UMM, Senin (28/6/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Momen peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kota Malang digelar dengan ajang silaturahmi. Setelah tahun lalu harus diurungkan lantaran pandemi vovid-19, kali ini sebanyak 130 warga lansia di Kota Malang mengikuti gelaran sarasehan.

Acara yang digelar Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang di Rayz Hotel UMM, Senin (28/6/2021), itu berlangsung dengan protokol kesehatan ketat. Para lansia unjuk aksi senam dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker. Ajang ini sebagai wujud pemberdayaan lansia di Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah berlomitmen untuk mewujudkan Kota Ramah Lansia. Hal ini ke depannya akan terus ditingkatkan. Salah satunya dengan menambah forum lansia di setiap wilayah.

"Pemerintah sudah komitmen semua. Insya Allah terus-menerus akan kita tingkatkan. Kalau sekarang forum lansia hanya 50, bisa jadi ke depan akan kita upayakan lagi dan seterusnya," ujarnya.

 

Suasana peringatan HLUN yang digelar Dinsos-P3AP2KB Kota Malang di Rayz Hotel UMM, Senin (28/6/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

 

Lebih jauh, Wakil Wali Kota Malang sekaligus Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Sofyan Edi Jarwoko menambahkan, berbagai program juga dioptimalkan guna mewujudkan Kota Malang Ramah Lansia. Salah satunya dengan sinergitas antar-berbagai perangkat daerah. Misalnya, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang dengan program pembangunan taman lansia. Kemudian, lingkup perkantoran di Pemkot Malang juga diberi fasilitas ramah bagi lansia. 

"Begitu juga di bidang perhubungan, transportasi. Seluruh perangkat daerah memberikan kesempatan dan anggaran kegiatan sarana prasarana pendukung Kota Ramah Lansia," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Penny Idriyani menyatakan, dalam kegiatan ini, juga sekaligus diberikan sebanyak 57 paket alat kesehatan yang dibagikan ke masing-masing kelurahan di Kota Malang.

Tak hanya itu. Falam kesempatan ini, dilakukan pembagian dana hibah secara simbolis kepada beberapa kalangan. Di antaranya, senilai Rp 200 juta kepada Yayasan Gerontologi Abiyoso. Kemudian, bantuan hibah senilai masing-masing Rp 50 juta  kepada Forum Komunikasi Karangwerdha, DPC Pepabri Kota Malang, dan DPC LVRI Kota Malang.

Penny menyebut, guna mewujudkan Kota Ramah Lansia, pihaknya juga akan terus mengoptimalkan program pembinaan terhadap lansia di masing-masing kelurahan. "Gebyar HLUN ini sarasehan dan secara rutin setiap sebulan sekali kita pembinaan terhadap lansia. Biar Malang menjadi Kota Ramah Lansia," ucapnya.

 

Topik
Hari Lanjut UsiaLPJ Bupati TrenggalekDinsos P3AP2KB Kota MalangPemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru