Puluhan Nakes di Kota Batu Terpapar Covid-19, Layanan Kesehatan di 5 Puskesmas Dibatasi

Jun 27, 2021 16:39
Tenaga kesehatan saat memvaksin aparatur sipil negera di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu.
Tenaga kesehatan saat memvaksin aparatur sipil negera di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu.

BATUTIMES - Layanan kesehatan khususnya di lima Puskesmas Kota Batu dibatasi. Hal itu dilakukan setelah 31 tenaga kesehatan Kota Apel itu terkonfirmasi positif covid-19. Diduga, para nakes tertular dari klaster perkantoran dan keluarga.

Lima puskesmas yang melakukan pembatasan layanan itu adalah Puskesmas Batu, Puskesmas Junrejo, Puskesmas Bumiaji, Puskesmas Sisir, dan Puskesmas Beji. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Batu, Ony Ardianto mengatakan, upaya yang harus dilakukan kali ini adalah dengan menyesuaikan jam buka dan jenis pelayanan kesehatan di puskesmas hingga dua pekan mendatang. Dari yang biasanya jam operasional dibuka mulai hari Senin sampai Sabtu menjadi Senin sampai Jumat, maka akan dibatasi dengan jam operasional baru.

“Jam pelayanan hanya berlangsung pukul 08.00 sampai 11.00 WIB berlaku di lima puskesmas Kota Batu. Meliputi Puskesmas Batu, Puskesmas Junrejo, Puskesmas Bumiaji, Puskesmas Sisir, dan Puskesmas Beji,” katanya.

Selain jam operasional yang dibatasi juga fasilitas poli yang disediakan di Puskesmas. Yakni pelayanan yang dapat dilayani hanya di poli umum, poli gigi tanpa tindakan, pelayanan kesehatan ibu dan anak. 

“Termasuk vaksinasi rutin sesuai jadwal yang telah dilakukan,” tambahnya. 

Sebelumnya, diketahui Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu drg Kartika Trisulandari, Sekretaris Dinkes Kota Batu dr Yuni Astuti, juga lima Kepala Puskesmas Kota Batu dinyatakan positif Covid-19.

Mereka terkonfirmasi positif Covid-19 usai rapat bersama di ruang kantor Kartika pada selalu lalu. Saat ini kondisi mereka sehat dengan gejala ringan. Meskipun seluruhnya telah mendapatkan vaksinasi. Sebab vaksin ini untuk mengurangi dampak buruk dari virus tersebut.

Meski demikian, mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap mentaati prosedur protokol kesehatan, dengan menjalani isolasi mandiri.

Topik
tenaga kesehatanKota BatuTerkonfirmasi Positif Covid 19Vaksinasilayanan puskesmas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru