Bukan Sekadar Pendidikan Guru, Prodi Pendidikan Ekonomi Unikama juga Memberikan Ilmu Kewirausahaan

Jun 27, 2021 09:56
Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi yang melakukan praktik Bazar Kewirausahaan (Ist)
Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi yang melakukan praktik Bazar Kewirausahaan (Ist)

MALANGTIMES - Perkembangan ekonomi ini semakin pesat. Untuk bisa bertahan dengan perekonomian yang stabil, tentunya dibutuhkan strategi maupun sumberdaya manusia yang berkualitas yang mampu beradaptasi dan survive. Untuk itulah, dalam pembentukan sumberdaya manusia berkualitas, tentunya dibutuhkan lembaga pendidikan yang berkompeten. 

Di Kota Malang, salah satu perguruan tinggi yang memiliki konsentrasi di bidang pendidikan ekonomi dan mumpuni adalah  Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Unikama dengan Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi memiliki sejumlah keunggulan yang tak perlu diragukan lagi. 

Dr Lilik Sri Hariyani MAk menjelaskan, saat ini Prodi Pendidikan Ekonomi telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan kurikulum MBKM Prodi memberi hak/kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar tiga semester di luar program studi.  

Dengan kurikulum MBKM ini harapan kami kompetensi lulusan akan meningkat, baik keterampilan nonteknis (soft skills) maupun teknis (hard skills), sehingga lulusan lebih siap dan bersaing di ranah global. 

1

Walaupun basic jurusan adalah pembelajaran (guru) akan tetapi, luaran dari pendidikan ekonomi diharapkan dapat mengembangkan diri dan membuka usahanya sendiri. 

Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut prodi pendidikan ekonomi kerap mengadakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan. Dalam kegiatan ini Prodi Pendidikan Ekonomi selalu mendatangkan praktisi langsung sebagai pemateri sehingga mahasiswa dapat lebih memahami bagaimana dunia bisnis yang sebenarnya.

"Sebagai calon guru selain dibekali ilmu tentang kependidikan mahasiswa juga dibekali ilmu lain, salah satu contoh dibekali ilmu berwirausaha," terangnya.

Bukan hanya secara teoritis saja, namun dalam proses pendidikan, juga dilakukan praktik oleh mahasiswa dengan bazar kewirausahaan. Hal ini dilakukan guna memantapkan ilmu para mahasiswa yang sudah didapatkan selama perkuliahan. Kegiatan bazar sendiri merupakan salah satu cara untuk menyukseskan mata kuliah praktikum kewirausahaan yang menjadi mata kuliah wajib bagi para mahasiswa.

Prodi Pendidikan Ekonomi sendiri, bukanlah prodi yang sembarangan. Sejumlah prestasi pun telah berhasil diraih oleh Prodi Pendidikan Ekonomi. Diantaranya, mahasiswa memperoleh hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), 
Dosen memperoleh hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari Dikti dan juga Prodi memperoleh hibah  Implementasi Program Bantuan Prodi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM tahun 2020.

Tentunya, lanjut Lilik, apa yang dicapai dan apa yang menjadi tujuan Prodi Pendidikan Ekonomi telah tertuang dalam visi dan misi. Visi Prodi Pendidikan Ekonomi adalah menjadi program studi yang unggul dalam pembelajaran ekonomi berbasis inovatif pada tahun 2025.

Sedangkan misi Prodi Pendidikan Ekonomi, terdapat lima hal, yakni, menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran ekonomi berbasis inovatif untuk menghasilkan tenaga pendidik yang unggul dalam bidang ekonomi, mengembangkan penelitian pendidikan ekonomi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi.

2

Kemudian, menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian, menyelenggarakan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, dan membudayakan jiwa kewirausahaan.

"Ke depannya Prodi Pendidikan Ekonomi akan lebih mengaktifkan peran dan partisipasi dosen dan mahasiswa dalam program soft skill, seperti pelatihan keahlian dan kewirausahaan sehingga lulusan lebih siap dan selaras dengan kebutuhan zaman," pungkasnya.

Topik
Unikamamahasiswa unikamaunikama malanglilik sri hariyani

Berita Lainnya

Berita

Terbaru