Google Meet Kini Bisa untuk Live Streaming, Begini Caranya

Jun 26, 2021 08:17
Google Meet (Foto: Internet Matters)
Google Meet (Foto: Internet Matters)

INDONESIATIMES - Aplikasi Google Meet rupanya kini semakin memanjakan penggunanya. Pasalnya, aplikasi yang biasanya kerap digunakan untuk meeting online ini kini disebut bisa melakukan live streaming atau siaran langsung.

Google Meet akhirnya resmi merilis fitur keren baru yang memungkinkan untuk melakukan live streaming ini. Sebelumnya Google Meet memang bisa digunakan untuk live streaming, namun disiarkannya ke platform lain dan tetap menggunakan third-party software component.

Fitur baru ini tentunya akan membuat mempermudah pekerjaan kita. Mengingat di masa pandemi banyak acara dengan banyak narasumber yang diselenggarakan daring.

Uniknya lagi, kapasitas siaran langsung Google Meet ini bisa mencakup hingga 10.000 partisipan. Lantas bagaimana cara menggunakan fitur Live Streaming di Google Meet? 

Pertama, kita harus membuat agenda di Google Calendar dengan memilih 'Create.' Saat membuat agenda, lalu tambahkan detil acara seperti tanggal, waktu, dan deskripsi acara. 

Kemudian tambahkan juga ID email tamu atau siapa saja yang hendak menjadi partisipan dalam acara siaran langsung tersebut. Terakhir, temukan opsi 'Live Stream' yang ada dekat dengan opsi 'Join With Google Meet.'

Jangan lupa klik 'save' agar agenda live stream meeting  tersimpan. Meski orang yang tidak ditambahkan sebagai partisipan tidak dapat bergabung, namun mereka tetap bisa menonton siaran langsung itu.

Perbedaannya hanya tidak bisa mengatur streaming tersebut. Untuk penonton yang bukan pengguna Google Meet, mereka juga tetap bisa bergabung asal mendapat akses link dari admin atau orang yang tergabung sebagai pembuat acara. 

Fitur live streaming Google Meet ini, juga memiliki sederet keunggulan karena durasi live stream yang mencapai 60 menit. 

Topik
fitur live streamingGoogle MeetMeeting Onlinepablo cikasoDunia teknologi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru