Masyarakat Keluhkan Perihal Papan Informasi di Acara Sosialiasi DPUPRPKP Kota Malang

Jun 25, 2021 17:19
Sosialisasi Pembangunan Infrastruktur Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang 2021, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang di Ijen Suites beberapa waktu lalu (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Sosialisasi Pembangunan Infrastruktur Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang 2021, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang di Ijen Suites beberapa waktu lalu (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dalam Sosialisasi Pembangunan Infrastruktur Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang 2021, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, sempat mendapat saran dan kritik perihal papan informasi proyek. 

Dalam sosialisasi tersebut, perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Pandanwangi Imam Sobiri menyampaikan, pernah mendapati salah satu pekerjaan proyek pengerjaan saluran air tidak dilengkapi dengan papan informasi pekerjaan. 

Pihaknya mengetahui pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan DPUPRPKP setelah sebelumnya DPUPRPKP berkordinasi dengan LPMK akan mengerjakan saluran air. Akan tetapi, dijelaskannya, satu ketika terdapat salah seorang dewan yang melakukan kunjungan ke lokasi tersebut. 

"Kemarin sempat ada anggapan itu (proyek) dari dewan sehingga saya sebagai LPMK juga adu argumen. Karena menurut kami, itu usulan Musren bukan dari e-pokir," ungkapnya.

Dengan adanya hal tersebut, pihaknya berharap agar DPUPRPKP benar-benar memperhatikan adanya papan informasi pekerjaan. Sebab, pihaknya tak mau bilamana pekerjaan yang sebenarnya merupakan pekerjaan DPUPRPKP, kemudian di politisir karena tidak adanya papan informasi. 

"Kami ingin ada ketegasan dari PU agar memberikan papan informasi ini pekerjaan. Kami tidak ingin dipolitisir, anggaran APBD yang dikerjakan PU, kemudian tidak terpasang papan info, nanti ada ada kunjungan di pakai safari politik. Padahal ini kan dari rembug usulan warga melalui pra musren," harapnya.

Sementara itu, Kepala DPUPRPKP Kota Malang Hadi Santoso menyampaikan apresiasi atas perhatian masyarakat. Dijelaskannya, jika papan informasi proyek itu tak bisa sembarangan. Terdapat format khusus dalam penyediaan papan informasi itu.

"Papan informasi itu ada formatnya. Jadi nggak bisa papan proyek itu misalnya (tertulis) anggaran APBD. Tidak begitu, kami lengkap datanya," ungkapnya.

Pihaknya juga meminta peran serta masyarakat maupun pihak kelurahan setempat, bilamana mendapati sebuah pekerjaan proyek yang memang tidak terdapat papan informasi proyek, untuk menginformasikan ke DPUPRPKP.

"Jangan sampai ini (diklaim) usulannya siapa? Anggaran siapa?" pungkas Hadi seraya mengucapkan terimakasih atas masukan dari masyarakat.

Topik
DPUPRPKP Kota Malangsosialisasi pembangunan infrastrukturlpmk pandanwangijasa potong rambut

Berita Lainnya

Berita

Terbaru