Dapat Dana Hibah PKKM, Ini yang Bakal Dilakukan Prodi Pendidikan Fisika Unikama

Jun 25, 2021 12:56
Akhmad Jufriadi Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Fisika Unikama (Ist)
Akhmad Jufriadi Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Fisika Unikama (Ist)

MALANGTIMES - Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menjadi salah satu Prodi yang juga mendapatkan dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Dana hibah yang diperoleh yakni sebesar Rp 492.609.000.

Akhmad Jufriadi Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Fisika, menjelaskan, sebelum mendapatkan hibah dari PKKM, pihaknya telah melakukan analisis terhadap kondisi internal prodi dan segala peluang yang ada berdasarkan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU).

8 IKU tersebut yaitu, lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif dan program studi berstandar Internasional.

Analisis tersebut menghasilkan peta kekuatan prodi dan kelemahan prodi serta peluang pengembangan prodi selanjutnya. Setelah itu dilanjutkan dengan meramu dan menyusun program kegiatan untuk meningkatkan IKU prodi yang masih lemah dan diajukan melalui PKKM.

"Program tersebut kami susun dalam proposal bersama antara prodi pendidikan fisika, prodi peternakan dan manajemen serta program lainnya di tingkat universitas," ungkapnya.

Dan program yang telah tersusun, kemudian menjadi sebuah proposal bersama yang langsung dikirimkan. Setelah itu, proposal yang diajukan lolos dalam seleksi pertama dengan perbaikan. Kemudian tim melakukan perbaikan dan penajaman proposal kembali, yang akhirnya kami dinyatakan sampai tahap pendanaan.

Dengan dana hibah yang diperoleh, pihaknya akan memaksimalkan dalam menunjang dan memperkuat pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dana tersebut mampu mempercepat Internasionalisasi Program Studi yang kami canangkan sebagai bentuk upaya mendukung Unikama menjadi kampus unggul," paparnya.

"Kami berharap program ini mampu meningkatkan kualitas sarana laboratorium Fisika, terutama pengembangan Lab Multimedia dan pembelajaran online base podcast," pungkasnya.

Topik
pendidikan fisika unikamapkkm unikamaUnikamaunikama malanggubernur khofifah positif covid

Berita Lainnya

Berita

Terbaru