Daftar Smartphone di Indonesia yang Bisa Terhubung Jaringan 5G Indosat

Jun 25, 2021 07:47
Jaringan 5G (Foto: TechForID)
Jaringan 5G (Foto: TechForID)

INDONESIATIMES -Indosat Ooredoo saat ini menjadi operator seluler kedua yang resmi menggelar jaringan 5G secara komersil di Indonesia. Izin penyelenggaraan 5G ini didapatkan setelah operator bernuansa kuning-merah tersebut dinyatakan lolos Uji Layak Operasional (ULO) dan mengantongi Surat Keterangan Laik Operasional dari Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Indosat Ooredoo mengatakan bahwa seluruh pengguna prabayar maupun pasca-bayar berpeluang untuk menikmati koneksi mutakhir itu apabila perangkatnya mendukung. Tentunya, tidak semua perangkat berembel-embel 5G mendukung signal 5G Indosat.

Hanya terdapat beberapa perangkat yang mendukung pita (band) n3 saja yang bisa terkoneksi dengan signal 5G Indosat Ooredoo. Hal itu disebabkan, Indosat memanfaatkan pita frekuensi 1.800 MHz (1,8 GHz) untuk menggelar jaringan 5G. 

Selain dukungan pita frekuensi, perangkat juga harus mendukung secara software. Itu artinya, perangkat harus dibuka (unlock) lebih dulu agar bisa terkoneksi signal 5G Indosat Ooredoo.

Unlock biasanya akan digulirkan vendor ponsel melalui pembaruan secara on the air. Beberapa perangkat dari berbagai merek ponsel terkonfirmasi mendukung band n3 dan bisa terhubung ke layanan 5G Indosat Ooredoo.

Berikut sederet smartphone di Indonesia yang bisa terhubung jaringan 5G Indosat: 

Apple 
- iPhone 12 Mini 
- iPhone 12 
- iPhone 12 Pro 
- iPhone 12 Pro Max

Huawei 
- Huawei Mate 40 Pro 
- Huawei P40 Pro/ Pro Plus 
- Huawei P40 
- Huawei Mate Xs 
- Huawei Nova 7 

Oppo 
- Oppo A74 5G 
- Oppo Reno5 5G 
- Oppo Find X2 
- Oppo Find X2 Pro

Xiaomi 
- Xiaomi Mi 10 
- Xiaomi Mi 10T 
- Xiaomi Mi 10T Pro 
- Xiaomi Mi 11 
- Xiaomi Mi 11 Ultra 
- Poco F3 5G Vivo 
- Vivo V21 5G 
- Vivo X60 
- Vivo X60 Pro 
- Vivo X50 Pro

Samsung 
- Samsung Galaxy A32 5G 
- Samsung Galaxy S21 
- Samsung Galaxy S21 Plus 
- Samsung Galaxy S21 Ultra 

Asus 
- ROG Phone 3 

Selain perangkat, pengguna harus berada di wilayah yang sudah memiliki jangkauan 5G. Diketahui, saat ini jaringan 5G ini baru hadir di beberapa kota, yakni Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. 

Pengguna juga tidak perlu mengganti kartu SIM khusus jika sudah menggunakan USIM yang digunakan untuk terkoneksi ke jaringan 4G LTE.

Topik
jaringan 5Gindosat ooredoojaringan ponselflanel shirtDunia teknologi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru