PPKM Diperpanjang Sampai 5 Juli di Kota Batu, Tekan Angka Konfirmasi Covid-19

Jun 24, 2021 21:24
Suasana Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Pemkot Batu memperpanjang masa Penerapan apembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Perpanjangan PPKM Mikro  itu terhitung mulai 22 Juni sampai dengan 5 Juli 2021 mendatang.

Hal tersebut sesuai dengan surat edaran Wali Kota Batu no.440/1292/422.031/2021 tentang Perpanjangan PPKM berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Batu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta kepada warganya untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan 5M. “Dengan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” ucapnya.

Sementara pada evaluasi PPKM tahap IX, rata-rata tambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 ada dua pasien per harinya. Waki kota pun menginginkan pada tahap X ini hasil evaluasi ke depan bisa lebih baik lagi.

Secara kumulatif per 15 Juni pada tahap IX kasus konfirmasi positif covid-19 bertambah 316 dari sejak dimulainya PPKM tahap I. Pada PPKM tahap IX tren kasus konfirmasi covid-19 landai.

Sedangkan untuk kumulatif kesembuhan pasien covid-19 terus mengalami peningkatan. Dengan rata-rata kesembuhan pada PPKM tahap IX ada dua pasien yang dinyatakan sembuh dalam sehari.

Sedangkan case recovery rate (CRR) Kota Batu pada PPKM tahap IX  mencapai 89,9 persen. Lalu angka kematian akibat covid-19 sebanyak nol kasus dalam sehari. 

Sementara case fatality rate (CFR) Kota Batu pada PPKM tahap IX  sebesar 9,16 persen, meningkat 0,6 persen dari PPKM tahap 8 lalu. Rata-rata penambahan kasus pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Batu mulai tahap I sampai IX ada 2 sampai 5 kasus per hari.

Rinciannya, pada tahap I merupakan kasus terbanyak dibandingkan dengan tahap-tahap lainnya. Yakni ada 5 kasus per hari. Tahap II ada 3 kasus per harinya, tahap III sampai VII ada 2 kasus per hari, dan di tahap VIII ada 3 kasus.

Hingga tahap IX dari 1.138 RT di Kota Batu, sudah tidak ada yang masuk zona merah. Terbanyak zona hijau ada 1.126 RT, dan zona kuning sejumlah 12 RT.

Topik
ppkm di kota batuPemkot Batuberita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru