2 Pencuri Kabel Telkom Diciduk Polsek Lowokwaru, sebelum Beraksi Nginap di Hotel

Jun 24, 2021 17:05
PLH Kapolsek Lowokwaru AKP Sutomo saat menunjukan barang bukti kapal yang digunakan pelaku memotong kabel curian (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
PLH Kapolsek Lowokwaru AKP Sutomo saat menunjukan barang bukti kapal yang digunakan pelaku memotong kabel curian (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dua garong pelaku pencurian kabel 210 meter milik Telkom, diringkus Polsek Lowokwaru. Kedua pelaku yakni Sukis (44), warga Dusun Weru, RT 04 / RW 01, Desa Werdoyo, Kecamatan Kebongagung, Kabupaten Demak, Jateng dan Joko Prawitto (23) warga Purwo Agung, RT09/ RW 04, Desa Purwo Agung, Kabupaten Way Kanan, Lampung.

PlH Kapolsek Lowokwaru, AKP Sutomo, menjelaskan, jika penangkapan dua garong itu berawal dari patroli jajaran yang mencurigai kegiatan pelaku saat berada di kawasan Jalan Raya Tlogomas hingga sampai depan Mall Dinoyo City pada pukul 01.55 wib.

Ketika digali Informasi lebih lanjut perihal kegiatan pelaku, kedua pelaku tidak bisa memberikan bukti yang legal akan kegiatan dan juga kedua pelaku tidak dilengkapi dengan identitas yang jelas. 

"Keduanya langsung kita amankan di Polsek," ungkapnya, Kamis (24/6/2021).

1

Dari interogasi, diketahui jika pelaku ternyata tengah melakukan aksi pencurian. Kabel sepanjang 210 meter dan berada di dalam gorong-gorong, oleh pelaku ditarik menggunakan kendaraan truk yang dibawa oleh pelaku. 
Setelah itu, ketika kabel sesuai dengan panjang bak truk, kabel kemudian dipotong oleh pelaku menggunakan kampak besar. 

"Barang bukti yang dipotong sudah ada beberapa di dalam truk. Kabel jenis tembaga itu, ukuran 1000 pair /0,6 mm. Jika diuangkan, mencapai Rp 79.380.000," paparnya.

Mengenai aksi pelaku, petugas memperoleh informasi jika pelaku telah melakukan aksinya di tiga lokasi. Lokasi lainnya ada di kawasan Dieng, di kawasan Lawang Kabupaten Malang dan di kawasan Tlogomas ini. 

2

Sementara itu, pelaku sendiri sebelum beraksi menginap di sebuah hotel di kawasan Kota Batu. Pelaku mengetahui titik lokasi kabel tersebut, diduga dari informasi lelang yang bersifat umum.

"Kabel yang diambil adalah barang yang dilelang untuk diganti dengan kabel optik. Diduga, mereka mengetahui lokasi titik kabel dari informasi itu. Saat ini kami masih terus melakukan pengembangan,"ungkapnya.

Para pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan terancam hukuman tujuh tahun penjara. Barang bukti kabel tembaga curian, satu unit truck bernopolH1411 YE, dua kapak dan alas kayu telah diamankan di Polsek Lowokwaru.

Topik
Berita MalangPolsek LowokwaruPencuri KabelKabel Telkomdanamon manulife

Berita Lainnya

Berita

Terbaru