Cegah Penyebaran Tuberkulosis, Dokter RSI Unisma Berbagi Cara Mengatasinya

Jun 23, 2021 18:18
Ilustrasi TB (istockphoto)
Ilustrasi TB (istockphoto)

MALANGTIMES - Penyakit Tuberkulosis atau TB, merupakan penyakit yang bisa diderita siapapun. TB merupakan infeksi yang disebabkan bakteri yang menyerang paru-paru dan dapat menginfeksi organ lainnya. TB sendiri dapat menular secara airborne atau melalui udara ketika penderita TB batuk atau bersin, akan tetapi tidak mengenakan penutup atau pun masker.

Mengenai hal itu, dokter spesialis paru Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang dr. Iin Noor Chozin, Sp.P (K) menjelaskan, perihal bagaimana memutuskan mata rantai penyebaran penyakit TB tersebut.

"Jika terdapat orang yang kemudian diketahui TB, maka sebisa mungkin cari juga apakah ada di sekitar mereka yang sebelumnya menderita TB," ungkapnya kepada MalangTIMES.

Kemudian, jika memang seseorang tersebut mengalami gejala, maka hendaknya untuk secepat mungkin dilakukan tata laksana atau proses pengobatan medis ke rumah sakit untuk menghindari resiko yang fatal. "Pertama temukan, obati dan putus rantai penyebaran dan TB bisa disembuhkan," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, seperti diketahui jika TB menyebar melalui airborne. Karena itu, seperti halnya saat ini, dengan menerapkan protokol kesehatan, tentunya merupakan salah satu upaya mencegah penularan TB.

Upaya tersebut seperti penerapan psycaldistancing dan juga selalu cuci tangan dengan sabun serta dengan air mengalir atau pun menggunakan hand sanitizer. Belum cukup itu, ketika penderita TB batuk atau bersin, tentunya harus mengerti etika batuk dan bersin. "Etika batuk dan bersin sesuai pedoman," terangnya.

Ketika batuk atau bersin, tentunya diharapkan untuk menutup mulut baik mengunakan masker, tisu atau pun kain yang bersih. Bilamana usia mengunakan tisu atau masker, diharapkan untuk membuangnya kedalam tempat sampah.

Begitu pun ketika, batuk berdahak, tentunya seseorang penderita tersebut tidak membuang dahak sembarangan. Dan bilamana disekitar terdapat seseorang yang tengah sakit, tentunya harus sama-sama mengenakan masker. 

Selain itu, pola hidup yang sehat serta kebersihan tempat tinggal, tentunya juga menjadi salah satu upaya pencegahan dalam penularan penyakit. Hal tersebut akan lebih baik lagi ketika rumah tersebut dilengkapi dengan ventilasi udara yang cukup. 

Topik
iin noor chozingapeksi trenggalekrsi malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru