253 Anak di Kota Malang Positif Covid-19 Selama Pandemi

Jun 23, 2021 13:54
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif ketika ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif ketika ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ada 253 anak di Kota Malang yang terkonfirmasi positif covid-19 selama pandemi. Jumlah itu mengemuka menjelang PTM (pendidikan tatap muka) yang rencananya akan digelar Juli 2021. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif. Total data tersebut merupakan rekapan dari mulai pandemi covid-19 sejak Maret 2020 sampai Juni 2021. 

"Jumlah anak yang terkonfirmasi sudah ada. Datanya ini, anak-anak usia 0-5 tahun mulai dari awal sampai 21 Juni itu 136 anak. Terus 6-10 tahun 117 anak. Ini yang terkonfirmasi (positif covid-19, red)," ungkapnya. 

Dari rekapan data 253 anak yang terkonfirmasi positif covid-19, Dinkes mengaku belum mendapatkan rekapan data terkait angka kesembuhan dan angka meninggal akibat covid-19 yang menyerang anak-anak di Kota Malang. 

Lebih lanjut, terkait pembelajaran anak-anak yang saat pandemi covid-19 menggunakan metode daring (dalam jaringan) juga tidak dapat dipastikan bahwa anak-anak tersebut tidak terkonfirmasi positif covid-19.  "Artinya sekalipun tidak tatap muka itu, usia anak kan juga ada yang terkonfirmasi. Kan garis merahnya seperti itu," ujarnya. 

Dokter yang juga menjadi juru bicara Satgas Covid-19 Kota Malang ini mengatakan bahwa dengan tidak memberlakukan sekolah tatap muka tidak dapat terhindarkan dari covid-19. Sebab, aktivitas anak-anak juga tidak dapat dipantau secara ketat. 

"Anak-anak masih keluar, main di luar rumah. Bisa jadi seperti itu atau mungkin diajak sama orang tuanya ke pasar. Juga bisa diajak orang tuanya ke pusat-pusat keramaian," ungkapnya. 

Jadi, menurut Husnul, faktor-faktor tersebut dapat menjadi penyebab terjadinya penyebaran covid-19. Dinkes juga terus mengimbau kepada orang tua agar mengawasi anak-anaknya untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19. 

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kota Malang per tanggal 22 Juni 2021, total masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 6.918 jiwa. Dan, 653 jiwa di antaranya meninggal dunia, yang dinyatakan sembuh 6.165 jiwa, dan 100 orang sedang berada dalam pemantauan.

Topik
Anak anak Kota MalangPWRI BondowosoCovid 19Dinkes Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru