Beda dengan Jokpro 2024, Mahfud MD Lebih Sreg Jabatan Presiden Dua Periode

Jun 22, 2021 09:12
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Suara.com)
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Suara.com)

INDONESIATIMES - Saat ini publik dihebohkan dengan usulan jabatan presiden tiga periode. Bahkan, Menko Polhukam Mahfud MD ikut menanggapi wacana tersebut.

Mahfud menyampaikan pendapat soal presiden tiga melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd pada Minggu (20/6/2021) malam. 

Awalnya, ada seorang warganet yang me-mention Mahfud terkait usulan tersebut.  "Tak ada yang tidak mungkin, karna mereka tahu itu bisa saja terjadi," tulis akun @asep_suryawan terkait wacana presiden tiga periode dengan me-mention Mahfud. 

Cuitan itu lantas ditanggapi langsung oleh Mahfud. Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menilai  kurang tepat wacana tersebut dikirim kepadanya. Sebab, Mahfud  bukanlah anggota parpol dan MPR. 

"Krg tepat di-mention kpd sy. Sebab sy bkn anggota Parpol atau MPR. 2 atau 3 periode arenanya ada di parpol dan MPR," ujar Mahfud. 

Namun, menteri asal Pamekasan, Madura, itu lantas melanjutkan pendapat pribadinya. Dia mengaku lebih  lebih setuju presiden hanya menjabat dua periode.

"Tp scr pribadi sy lbh setuju spt skrng, maksimal 2 periode sj. Adanya konstitusi itu, antara lain, utk membatasi kekuasaan baik lingkup maupun waktunya," tulis Mahfud. 

Sebelumnya, penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode ini kembali marak dibicarakan setelah muncul relawan Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024. Jokpro 2024 menilai duet Jokowi-Prabowo akan menyatukan masyarakat yang dinilai terbelah sejak Pilkada DKI Jakarta 2017.

Jok-Pro pun saat ini memanaskan politik nasional dengan berkeinginan menjadikan Jokowi menjadi presiden untuk periode kali ketiga. Namun, Jokowi sudah menyatakan tidak setuju dengan jabatan presiden tiga periode.

Melihat cuitan Mahfud MD, warganet pun melontarkan berbagai pendapat.

@MaryanaNunung: "Dulu presiden yg pertama seumur hidup tapi dihancurkan pengantinya 
Menguasai 32 th dijatuhkan oleh rajyat. .Jika rakyat yg meminta untuk diperpanjang karena merasa terwakili dalam perhatianaya membanhus banhsa dan negara juga tak merubah. Peraturan2 yg sudah ada???"

@g3ndh3ng: "itu komunitas pake nama Jokowi. kalo emang jelas niatnya tidak bersedia 3 periode, ya bubarin lah itu komunitas yg nyatut nama Jokowi. kalo di diemein aja, brarti mau mau aja 3 periode kan. bapak profesor TUN tentunya tau dong sejarah NKRI ini pegimane."

@NoankN: "Saya setuju dgn prof, sasaran nya kurang tepat, tapi setidaknya sudah mengenai sasaran. Setidaknya seorang profesor dlm posisi strategis, keilmuan yg mumpuni & teruji, punya pengaruh kuat di tingkat elit, yg jika masih kuat integritasnya, tentu akan punya prinsip yg tegas & lugas."

@hndrgng: "UU tidak boleh dikalahkan oleh kelompok2 oportunies yakni para pedagang "proposal" yang mencari keuntungan dengan menciptakan arena "pertarungan" Jokowi  2024. Kelompok2 ini tidak peduli mengobok2 UU yg penting popular Dan Utung Banyak dari para sponsor2."

Topik
masa jabatan presidenFilm Korea terbaruMahfud MD

Berita Lainnya

Berita

Terbaru