Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Dilema Lakukan PTM Terbatas

Jun 21, 2021 20:34
Ilustrasi varian baru covid-19 (foto: istimewa)
Ilustrasi varian baru covid-19 (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Merebaknya varian baru covid-19 membuat Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang dilema dalam rencana pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada 5 Juli 2021 mendatang.

Sejauh ini Dindik masih belum merubah rencana pelaksanaan PTM terbatas. Bahkan, pihaknya juga dilema terkait diberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat varian baru covid-19 itu.

“Memang dilema terhadap PTM atau tetap daring. Kami akan lihat kondisi dan kriteria wilayah zonasi, semakin membaik atau masuk zona merah,” ucap Kepala Dindik Kabupaten Malang, Rahmat Hardijono, Senin (21/6/2021).

Meski begitu, Rahmat mengaku pihaknya tetap meminta kepada sekolah agar mempersiapkan diri untuk melaksanakan PTM terbatas. Namun tidak menutup kemungkinan hal itu akan berubah sesuai dengan kondisi.

“Kami semua terus berusaha agar kondisi atau kriteria wilayah zonasi semakin membaik dan yang zona merah tidak ada lagi. Tapi, untuk menyikapi awal tahun ajaran 2021/2022, atau 3 minggu lagi, maka kami ingatkan kembali agar seluruh sekolah untuk tetap mempersiapkan dan memastikan agar PTM terbatas dapat dimulai dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Dindik juga menyebut telah mengingatkan dan mengintruksikan kepada semua sekolah membentuk satuan tugas (Satgas) penanganan covid-19 di tingkat sekolah. Terutama dari pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah divaksinasi.

“Kami harap juga dapat melibatkan orang tua wali peserta didik serta masyarakat di sekitar sekolah sesuai kriteria zonasi PPKM berbasis mikro,” terangnya.

Akan tetapi, jika terdapat kasus konfirmasi positif covid-19 di lingkungan sekolah atau penetapan PPKM berbasis mikro sesuai kriteria zonasi. Sekolah juga harus mengambil langkah dengan menghentikan sementara pelaksanaan PTM terbatas di satuan pendidikannya.

“Dan kemudian harus kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring (online),” pungkasnya.

Topik
dinas pendidikan kabupaten malangpembelajaran tatap mukacovid 19 kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru