Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Wawali Sofyan Edi Ingatkan Kewaspadaan Lonjakan Kasus

Jun 21, 2021 19:49
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (paling kiri) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Polowijen. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (paling kiri) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Polowijen. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus dikebut. Bahkan, saat ini giliran masyarakat umum sudah memulai disuntik vaksin. Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Polowijen, Senin, (21/6/2021).

Dalam kesempatan ini, ia turut mengingatkan akan kewaspadaan lonjakan kasus. Program vaksinasi ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya gelombang baru peningkatan kasus Covid-19 di Kota Malang. Ia mengingatkan pejabat wilayah terkait untuk senantiasa melakukan pendisiplinan dalam protokol kesehatan di masyarakat untuk mengantisipasi agar tak terjadi lonjakan sebagaimana di wilayah Indonesia lainnya.

"Trennya kasus Covid-19 ini kan agak naik, tapi masih terkendali. Mumpung belum, saya sampaikan melalui camat, segera lakukan pendisiplinan bersama aparat terkait. Supaya gelombang yang terjadi seperti di daerah lain yang naik pesat dan rumah sakitnya dipenuhi pasien, agar tidak terjadi di Kota Malang," ujarnya.

Bung Edi sapaan akrabnya, menjelaskan upaya pengendalian dan pencegahan meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Malang perlu diimbangi dengan pelaksanaan pemberian vaksinasi di berbagai lokasi. Di mana, hal ini juga yang tengah digencarkan Pemkot Malang.

"Target vaksinasi di Kota Malang setelah kita melihat secara langsung tadi Alhamdulillah, sudah cukup tinggi. Karena kita gerakkan lewat puskesmas, kelurahan-kelurahan, kemudian tempat belanja, mall juga, dan perguruan tinggi," jelasnya.

Di sela peninjauan vaksinasi, ia pun terus memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman untuk digunakan. Sehingga, diimbau bagi warga Kota Malang untuk segera melakukan vaksinasi di fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan.

"Perlu diketahui kepada masyarakat yang lain yang masih merasa takut atau tidak mau vaksin, untuk segera vaksin. Karena untuk kesehatan beliau-beliau sendiri, kesehatan masyarakat," terangnya.

Lebih jauh, Bung Edi juga terus menekankan masyarakat Kota Malang untuk tetap disiplin  menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Terutama, dalam hal pemakaian masker dan menghindari interaksi dengan masyarakat di luar Kota Malang.

"Saya imbau kepada seluruh masyarakat, disiplinlah prokes. Menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, lalu interaksi dengan masyarakat luar Kota Malang hindari dulu yang beresiko. Ini antisipasi kita yang betul-betul membuat kita bisa menghentikan penyebaran Covid-19," pungkasnya.

Topik
Berita MalangWakil Wali Kota MalangSofyan Edi Jarwoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru