Tekan Angka Covid-19, Ratusan Tempat Bakal Didatangi Satgas Covid-19 di Kota Batu

Jun 20, 2021 20:08
Pemkot Batu saat melakukan pengecekan protokol kesehatan di salah satu hotel di Kota Batu.
Pemkot Batu saat melakukan pengecekan protokol kesehatan di salah satu hotel di Kota Batu.

BATUTIMES - Satgas Covid-19 di Kota Batu bakal visitasi lapangan untuk memastikan protokol kesehatan sesuai dengan CHSE yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Visitasi lapangan dan edukasi akan dilakukan pada ratusan tempat di Kota Batu.

Rinciannya ada 831 layanan akomodasi hotel hingga homestay. Lalu wisata spa, mice, dan karaoke ada 77 jasa. Kemudian 92 destinasi wisata berbasis alam tereksplore. Dan 99 resto hingga kuliner.

“Tetapi dari ratusan tempat tersebut yang dapat rekomendasi Satgas Covid-19 yang menerapkan protokol kesehatan masih beberapa,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

Dari jumlah tersebut yang menerapkan protokol kesehatan yang sesuai diantaranya, 18 guest house dan empat pusat oleh-oleh, 77 hotel, 29 destinasi wisata, 20 resto, dan  14 rekreasi hiburan umum.

Pembinaan dan penyamaan sesuai dengan CHSE merupakan pedoman dari Kemenparekraf sangat penting diterapkan melihat kondisi pandemi Covid-19 yang kembali merangkak naik. 

CHSE adalah penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety  (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Visitasi lapangan penerapan CHSES Kemenparekraf sangat penting dilakukan. Mengingat masih perlu dilakukan edukasi oleh satgas ke lapangan,” tambahnya. 

Hal ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Batu. Melihat selama lima hari terakhir angka terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Batu terus ada tambahan 5 pasien.

Rinciannya hingga Minggu, angka pasien terkonfirmasi positif di Kota Batu mencapai 1.554 orang. Dengan pasien aktif 29 orang, yang sembuh ada 1.383 orang, dan angka yang meninggal dunia ada 142 orang. 

Sementara pasien suspek ada 1.062 orang. Lalu probable sejumlah 71 orang, discarded mencapai 1.069. Sedangkan untuk yang diisolasi tidak ada. 

Topik
Satgas Covid 19 Kota Batuprokes ala kemenprekrafsrikandi pp banyuwangikasus covid 19 kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru