Jembatani Kebutuhan Informasi Kerja, Unikama Gelar CDC

Jun 19, 2021 20:48
Universitas PGRI Kanjuruhan Kota Malang. (Foto: Istimewa)
Universitas PGRI Kanjuruhan Kota Malang. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Dalam rangka menjembatani kebutuhan informasi kerja untuk para mahasiswa, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Career Development Center (CDC) menggunakan metode dalam jaringan (daring) melalui aplikasi zoom meeting.

Kepala Pusat Pengembangan Karir (PPK) Unikama Dr Khairul Bariyyah MPd mengatakan, PPK memang memiliki fungsi menjembatani dunia pendidikan dengan dunia kerja.

"Menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja, menjembatani kebutuhan informasi dunia kerja yang diperlukan oleh PT (perguruan tinggi, red) dan mahasiswa," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Sabtu (19/6/2021).

Selain informasi, melalui program CDC juga membantu menyalurkan mahasiswa ke dalam dunia kerja. Serta juga dapat membantu Unikama untuk mengetahui penyerapan, proses dan posisi lulusan Unikama dalam dunia kerja.

"PPK Unikama memberikan pembinaan karir agar mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan kompetensi yang diperlukan untuk bekerja," ujarnya.

Untuk bentuk turunan program pusat karir Unikama tersebut berupa pelatihan soft skill dan persiapan kerja, magang kerja, pemberian informasi lowongan kerja, job fair, rektutmen kampus, konseling karir dan tracer study.

Gelaran pelatihan melalui CDC yang dilaksanakan dengan metode daring.

Untuk tracer study sendiri, kata Bariyyah bahwa Unikama juga telah mendapatkan bantuan dari hibah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI selama empat tahun berturut-turut lolos, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

"Tracer study (TS) adalah studi pelacakan  jejak lulusan/alumni untuk melihat pergerakan lulusan di pasar kerja. TS bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, situasi kerja terakhir, keselarasan dan aplikasi kompetensi di dunia kerja," jelasnya.

Tracer Study juga dapat memberikan informasi mengenai output pendidikan yakni terkait penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan  kontribusi perguruan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi.

"Serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan," imbuhnya.

Selain itu, Tracer Study juga dapat menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi hasil perguruan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk  penyempurnaan serta penjaminan  kualitas lembaga.

"Di samping itu TS juga menyediakan informasi berharga mengenai hubungan antara perguruan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dan kelengkapan persyaratan akreditasi," terangnya.

Terakhir, pihaknya berharap melalui program-program PPK Unikama dapat membantu lulusan dari Unikama menjadi lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sesuai tuntutan globalisasi, Revolusi Industri 4.0, Civil Society 5.0, dan stakeholders.

Lulusan Unikama juga dapat lebih cepat terserap di dunia kerja. Melalui hibah Tracer Study ini Unikama bisa mendapatkan gambaran bidang pekerjaan alumni, mengetahui kendala-kendala yang di hadapi di dunia kerja yang selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga.

"Serta dapat menjamin lulusan Unikama memperoleh lapangan kerja yang sesuai dengan kompetensinya," pungkasnya.
 

Topik
universitas pgri kanjuruhan malang unikamappk unikamakhairul bariyyahKisah Nabi Yakub

Berita Lainnya

Berita

Terbaru