Cari 3 Calon Rektor, Kontestasi Rektor UIN Maliki Malang Masuk Tahap Seleksi

Jun 18, 2021 18:04
Kampus UIN Maliki Malang (uinmalang)
Kampus UIN Maliki Malang (uinmalang)

MALANGTIMES - Kontestasi Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kini mulai memasuki tahapan seleksi. Tahapan ini untuk mencari 3 calon rektor yang akan dihadapkan menteri. 

Hal itu terungkap setelah beredarnya surat undangan seleksi calon rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bernomor B-1673.4/DJ.I/Dt.I.III/HM.01/06/2021 dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kemenag RI.

Dalam surat undangan seleksi ditujukan kepada 6 calon rektor, yakni Prof Dr H Abd Haris MAg, Prof Dr Suhartono MKom, Prof Dr H Roibin MHI, Prof Dr H M Zainuddin MA, Prof Dr Hj Umi Sumbulah MAg dan Prof Dr Hj Bayyinatul Mucharomah MSi.

Sesuai dalam isi surat undangan, komisi seleksi meminta 6 calon rektor untuk hadir mengikuti seleksi yang akan dilaksanakan pada Selasa (22/6/2021) dan Rabu (23/6/2021) di Morrissey Hotel Jl KH Wahid Hasyim No 70 Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Mengenai adanya undangan tersebut, dibenarkan Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris yang kini juga mendaftarkan kembali dalam kontestasi Pilrek UIN Maliki Malang.

2
1

"Iya mulai Selasa diwawancarai pansel (panitia seleksi). Itu untuk mencari tiga calon (yang dihadapkan menteri untuk dipilih salah satu dan di SK sebagai Rektor UIN Malang)," terangnya, Jumat (18/6/2021).

Disampaikannya, semua calon Rektor nantinya akan dipanggil. Pada Selasa, kegiatan akan dibuka dan mendapatkan arahan dari pihak terkait. Kemudian akan dilakukan pengundian nomor urut seleksi untuk wawancara maupun pemaparan terhadap komisi seleksi. 

Kemudian, pada jadwal selanjutnya, Rabu (23/6/2021) kembali dilakukan seleksi dan wawancara hingga kemudian terakhir sesuai jadwal akan dilakukan Rapat Pleno (hasil) calon Rektor UIN Malang.

Di sisi lain, disinggung mengenai persiapan jelang seleksi dari komisi seleksi, Prof Abdul Haris menyampaikan jika persiapannya sederhana. Dirinya mengaku jika persiapannya adalah berdoa, sedekah, selamatan dan mengingat tugas dan fungsi sebagai rektor.

Bukan hanya itu saja, lanjut Haris, begitu ia akrab disapa, jika persiapan lainnya tentu mengusung visi dan misi yang akan dibawa serta mempersiapkan program-program unggulan ketika nantinya menjadi rektor. 

"Nanti seputar itu yang akan dipresentasikan," bebernya.

Sementara itu, calon Rektor lainnya, seperti Prof Dr Suhartono MKom, Prof Dr H Roibin MHI, Prof Dr H M Zainuddin MA, Prof Dr Hj Umi Sumbulah MAg, ketika dikonfirmasi perihal persiapan dalam menyambut seleksi oleh komisi seleksi itu, belum memberikan respon hingga saat ini.

Untuk diketahui juga, selain seleksi dari para calon Rektor UIN Maliki Malang, pada hari yang sama, yakni Selasa dan Rabu, komisi seleksi juga melakukan seleksi terhadap calon rektor dari UIN Mataram. 

Topik
sweet toothjadwal seleksi calon rektor uin malangPak DaimRektor UIN Maliki Malang Prof Haris

Berita Lainnya

Berita

Terbaru