Jadi Fakultas Terbanyak Terapkan Inovasi Layanan Digital, Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang Diganjar Penghargaan

Jun 18, 2021 16:14
Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris (dua dari kanan) saat berfoto bersama dengan Dekan Fakultas Psikologi Dr Siti Mahmudah MSi (baju biru)(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris (dua dari kanan) saat berfoto bersama dengan Dekan Fakultas Psikologi Dr Siti Mahmudah MSi (baju biru)(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, mendapatkan penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris, dikarenakan Fakultas Psikologi memiliki prestasi sebagai fakultas yang melakukan inovasi pelayanan berbasis digital terintegrasi terbanyak. 

Dekan Fakultas Psikologi Dr Siti Mahmudah MSi menjelaskan, jika inovasi berbasis digital telah lama dilakukan di fakultasnya. "Bukan hanya sejak pandemi Covid-19, tapi sebelum pandemi Fakultas Psikologi memberikan pelayanan sudah secara digital," ucapnya, Jumat (18/6/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya, mengenai inovasi layanan berbasis digital ada banyak hal. Dicontohkan Siti, digitalisasi di Fakultas Psikologi merambah hingga dalam hal kepengurusan surat menyurat. Hal itu tak pelak sangat memudahkan para mahasiswa ketika membutuhkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam sebuah kegiatan. 

1

"Mahasiswa dimudahkan, segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan, seperti misalnya mau penelitian dan segala sesuatu yang berkaitan perkuliahan tidak perlu datang ke kampus. Apalagi mereka yang berada di luar kota, bisa diurus dari rumah," ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, dalam pendaftaran seminar proposal, pendaftaran seminar PKL, pendaftaran sidang skripsi, pendaftaran yudisium dan semua yang terkait dengan kegiatan perkuliahan bisa diakses melalui sistem digital. 

Hal ini tentunya sesuai dengan jargon dari Fakultas Psikologi "one minute service", di mana komitmen dalam memberikan  pelayanan yang terbaik dan tercepat bagi para mahasiswa. 

"2018 sudah kita rilis, tapi sebenarnya 2017 sudah ada, tapi mulai masa pandemi ini sekalian dikembangkan dan mahasiswa mau tidak mau harus menggunakan digital," terangnya.

Dengan diraihnya penghargaan ini, tentunya Fakultas Psikologi terus berupaya untuk meningkatkan kinerja maupun prestasi yang diraih. Namun dijelaskan Siti, jika prioritas saat ini adalah mendorong dan meningkatkan persentase mahasiswa untuk lulus tepat waktu. 

"Kalau misalnya dulu katakanlah yang lulus tepat waktu 15 persen, bisa jadi 40 sampai 50 persen. Karena itu, adanya pelayanan sistem digital ini
salah satu cara mendukung dalam upaya memperlancar studinya sehingga kelulusan untuk tepat waktu," pungkasnya.

Topik
UIN Maliki Malanginovasi pelayanan berbasis digitalRektor UIN Maliki Malangkomplek pemakaman astana oetaraberita pendidikan kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru