Dorong Peningkatan Kinerja, Rektor UIN Malang Beri Penghargaan Fakultas dan Pascasarjana Berprestasi

Jun 18, 2021 14:45
Kegiatan pemberian penghargaan pada fakultas maupun pascasarjana berpretasi di UIN Maliki Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kegiatan pemberian penghargaan pada fakultas maupun pascasarjana berpretasi di UIN Maliki Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang memberikan penghargaan kepada sejumlah fakultas dan pascasarjana. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing fakultas maupun pascasarjana, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. 

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris menjelaskan, jika setiap prestasi yang diraih tentunya patut untuk diapresiasi. Sebab, dengan stimulus tersebut, tentunya akan membuat dan menumbuhkan semangat dari fakultas maupun seseorang untuk menjadi lebih maju dan baik lagi. 

"Ya minimal piagam lah (penghargaan yang diberikan). Jika kita ingin orang lain itu kerja keras, maka jangan hanya dengan pendekatan ancaman saja, tapi juga dengan pendekatan pujian. Nah pujian itu dengan apresiasi ini, dasar logika kejiwaannya seperti ini," terangnya, Jumat (18/6/2021).

Dasar-dasar hukum mengenai pemberian penghargaan tentunya banyak sekali. Setiap pejabat yang berprestasi, tentunya akan diberikan apresiasi. Akan tetapi, jika sebaliknya hanya dengan mencari-cari kesalahan tanpa memberikan dorongan positif, tentunya hasilnya akan berbeda. 

1

"Hal itu justru tak membuat etos kerja meningkat. Tapi dengan dorongan positif, tentunya akan mendorong meningkatkan etos kerja mereka yang manfaatnya juga untuk lembaga," ungkapnya.

Sementara itu, untuk fakultas yang mendapatkan penghargaan, yakni Fakultas Humaniora, dengan mahasiswa berprestasi tingkat nasional dan internasional terbanyak. Selanjutnya Fakultas Psikologi, dengan prestasi inovasi layanan digital terintegrasi terbanyak. Kemudian Fakultas Sains dan Teknologi dengan prestasi dosen menulis karya ilmiah pada jurnal bereputasi internasional terbanyak.

Berikutnya, Fakultas Syariah, dengan prestasi guru besar terbanyak, lalu Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dengan prestasi program studi dengan peminat terbanyak pada semua jalur, Fakultas Ekonomi dengan prestasi akreditasi unggul pada semua program studi, dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan prestasi Hak kekayaan intelektual terbanyak serta Pascasarjana dengan prestasi mahasiswa asing terbanyak baik S2 maupun S3.

"Penghargaan ini sudah diberikan beberapa kali. Kita harapkan mereka bisa lebih lagi dan memperbanyak varian prestasi, termasuk juga meningkatkan kinerja," pungkasnya.

Topik
UIN Maliki MalangUIN MalangProf Abdul Harispolisi berbagi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru