Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Rendahnya Retribus Parkir Tepi Jalan, PP Kota Batu: Dugaan Ada Permainan Oknum Dishub

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

17 - Jun - 2021, 19:49

Kepadatan parkir roda dua di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepadatan parkir roda dua di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Rendahnya retribusi parkir tepi jalan di Kota Batu memang menjadi tanya besar. Apalagi bila melihat saat weekend, kunjungan khususnya di kawasan alun-alun terlihat padat. Hingga munculnya polemik ditangkapnya juru parkir beberapa saat lalu.

Ditangkapnya juru parkir itu membuat Pemuda Pancasila hearing kepada DPRD Kota Batu, Rabu (16/6/2021). Ada pula juru parkir mengadukan adanya oknum Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan Peraturan Daerah.

Juru parkir tersebut mengadukan oknum terkait dengan setoran uang parkir. Hingga menginstruksikan untuk memberikan hanya satu karcis jika ada lima kendaraan yang parkir.

Kepala Bidang Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu Hari Juni Susanto membantah adanya aduan tersebut. “Tidak pernah ada instruksi seperti itu,” katanya.

Menurutnya, adanya juru parkir yang tidak memberikan karcis kepada pelanggan akibatnya terdapat kebocoran retribusi. Bahkan hal tersebut telah dilakukan juru parkir berlangsung cukup lama.

“Adanya kebocoran karena juru parkir tidak mau melepas karcis. Kejadiannya seperti itu,” tambahnya. 

Hanya saja, pihaknya tidak ingin berkomentar banyak lantaran hal tersebut.

Terpisah, Ketua Badan Penyuluhan Pembelaan Hukum Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu menjelaskan, rendahnya retribusi parkir bukan ditengarai hasil setoran juru parkir. Namun diduga adanya Dinas Perhubungan yang tidak bekerja sesuai Perda.

“Perkara ini saya kira terjadi diduga permainan dari oknum Dinas Perhubungan. Yang dikhawatirkan nominal yang disetorkan, sebagian dimasukan ke PAD sebagian masuk ke kantong pribadi oknum tersebut,” ucapnya.

Target retribusi lanjutnya bisa saja terpenuhi jika tidak ada permainan oknum Dinas Perhubungan. Melihat setiap weekend alun-alun Kota Batu dipadati dengan parkir roda dua.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto