Dinas Lingkungan Hidup Malang Raya Bergandengan Atasi Sampah, Kekeringan dan Pelestarian DAS Brantas

Jun 17, 2021 18:19
Aries Setiawan Kepala DLH Kota Batu (tengah) Dyah Eka Supiana Plt DLH Kabupaten Malang (dua dari kanan) dan Wahyu Setianto Kepala DLH Kota Malang (tiga dari kiri) saat menunjukkan hasil kerjasama di Ruang Rapat Utama lantai 5 Balaikota Among Tani Kota Batu, Kamis (17/6/2021).
Aries Setiawan Kepala DLH Kota Batu (tengah) Dyah Eka Supiana Plt DLH Kabupaten Malang (dua dari kanan) dan Wahyu Setianto Kepala DLH Kota Malang (tiga dari kiri) saat menunjukkan hasil kerjasama di Ruang Rapat Utama lantai 5 Balaikota Among Tani Kota Batu, Kamis (17/6/2021).

BATUTIMES - Saling bergandeng tangan, Dinas Lingkungan Hidup se Malang Raya bersama atasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Malang Raya. Kerjasama itu dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan seperti sampah, kekeringan dan pelestarian DAS Brantas.

Hal tersebut ditandai dengan kesepakatan untuk menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Malang Raya. PKS tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Utama lantai 5 Balaikota Among Tani Kota Batu, Kamis (17/6/2021).

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Aries Setiawan Kepala DLH Kota Batu, Dyah Eka Supiana Plt DLH Kabupaten Malang, dan Wahyu Setianto Kepala DLH Kota Malang.

Kepala DLH Kota Batu Aries Setyawan mengatakan, kerjasama antara tiga daerah itu agar lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan khususnya di Malang Raya. Terutama masalah sampah, kekeringan, dan pelestarian DAS Brantas.

“Dengan sinergi agar program mengatasi masalah sampah, kekeringan, dan pelestarian DAS Brantas bisa teratasi lebih cepat dan tanggap,” katanya.

Ruang PKS ini, juga terkait pelaksanaan pengendalian pencemaran air limbah domestik, pengelolaan sampah, dan pengelolaan sampah regional Malang Raya. Juga pengelolaan limbah B3 melalui pendataan bersama, harmonisasi.

Dan sinkronisasi penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH), pengembangan dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia atau sumber daya aparatur Dinas Lingkungan Hidup Malang Raya.

"PKS pada bidang lingkungan hidup, mulai persampahan, fasilitas terkait lingkungan, dan sarpras. Sehingga dengan sinergitas ini, diharapkan persoalan di Malang Raya bisa diselesaikan bersama," imbuh Aries.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, Malang Raya harus memiliki Grand Design. Yakni pemikiran yang selaras untuk membangun Malang Raya, terutama yang menyangkut lingkungan.

“Mudah-mudahan tidak berhenti sampai di sini, kerjasama dengan kota dan kabupaten lain bisa dibangun untuk menjaga kelestarian alam,” kata Dewanti.

Dengan kerjasama ini Dewanti berharap banyak lingkungan hidup di Malang Raya menjadi lebih baik.

Topik
Sinergi Malang RayaDLH Kota MalangDLH kabupaten malangDLH Kota Batupoli TB unismaLingkungan Hidup

Berita Lainnya

Berita

Terbaru