Google Messages Diklaim Lebih Aman dengan Enkripsi End-to-End

Jun 17, 2021 08:29
Google Messages (Foto: Entrepreneur)
Google Messages (Foto: Entrepreneur)

INDONESIATIMES - Google Messages telah mendapatkan enkripsi end-to-end (E2EE), yang berarti pesan pengguna lebih aman dari pengintaian. Google telah menguji fitur keamanan ini sejak tahun lalu.  Namun, hanya sejumlah kecil pengguna yang memiliki akses tersebut. 

Setelah terbatas pada saluran beta, E2EE kini diluncurkan bagi seluruh pengguna stabil. Dengan enkripsi end-to-end diaktifkan, Google atau pihak ketiga lainnya tidak akan bisa membaca konten (teks dan media) obrolan RCS pengguna karena sedang transit antara pengirim dan penerima.

Dilansir melalui laman 9to5google, Google menggunakan protokol sinyal dan menawarkan makalah teknis dengan detail lebih lanjut. E2EE mengharuskan kedua belah pihak untuk mengaktifkan fitur obrolan dan data/Wi-Fi.

Namun ini tidak berfungsi untuk SMS/MMS atau perpesanan grup, meski tersedia saat menggunakan aplikasi pesan untuk web. Jika persyaratan itu terpenuhi, lapisan keamanan ini secara otomatis akan aktif untuk percakapan yang sudah ada dan yang baru. 

Itu tidak dapat dinonaktifkan oleh Google. Pengguna akan melihat ikon kunci di spanduk “Mengobrol dengan”, stempel waktu, dan pada tombol kirim saat enkripsi end-to-end diaktifkan atau digunakan untuk pengiriman.

Jika E2EE hilang sementara, perilaku default-nya adalah menahan pesan hingga koneksi aman dipulihkan, meskipun kamu bisa mengirim dengan SMS.

Enkripsi mengubah data menjadi teks acak yang tidak dapat dibaca tanpa nomor kunci rahasia yang hanya tersedia “di perangkat kamu dan perangkat yang kamu pesan”.

Ini dihasilkan lagi untuk setiap pesan dan dihapus dari perangkat pengirim saat pesan terenkripsi dibuat, dan dihapus dari perangkat penerima saat pesan didekripsi.

Setiap percakapan E2EE juga akan memiliki kode verifikasi unik yang bisa kamu verifikasi secara manual dengan orang lain dengan mengetuk menu tambahan > Detail > Verifikasi enkripsi.

Topik
Fitur keamananFilm Beauty and the Beastpemilik sma spi kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru