Verifikasi Rumah Korban Gempa di Kabupaten Malang Ditargetkan Selesai Pekan Ini

Jun 16, 2021 20:38
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menargetkan minggu ini verifikasi korban gempa bumi 10 April lalu dapat segera selesai. Hal itu agar bantuan yang dijanjikan oleh BNPB dapat segera diberikan.

Penuntasan itu dilakukan karena sudah dua bulan berjalan, sebagian masyarakat Kabupaten Malang yang menjadi korban gempa bermagnitudo 6,2 harus menunggu bantuan yang dijanjikan oleh BNPB. Padahal beberapa pejabat tinggi provinsi, hingga kepala negara telah hadir menyaksikan langsung sisa reruntuhan rumah akibat gempa bumi tersebut.

Namun ternyata, bantuan yang dijanjikan BNPB untuk membangun kembali rumah warga yang terdampak gempa bumi harus melalui verifikasi lapangan untuk menentukan besaran bantuan yang akan diberikan.

Kabar bakal tuntasnya verifikasi itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat. Wahyu menyatakan pihaknya akan mempercepat verifikasi agar masyarakat dapat segera menerima bantuan.

“Targetnya minggu ini verifikasi selesai, tapi yang verifikasi pertama sudah selesai, sudah ditandatangani pak Bupati dan telah dikirim ke BNPB,” kata Wahyu Hidayat.

Mantan Camat Tajinan ini mengaku bahwa kendala yang dihadapi adalah verifikasi lapangan. Karena gempa bumi yang terjadi 10 April lalu itu membuat sebagian wilayah di Kabupaten Malang terdampak.

Selain itu, keterlambatan juga karena jumlah masyarakat yang terdampak gempa cukup banyak. Kemudian disusul gempa bumi kedua sehingga menambah verifikasi tersebut.

“Saya sudah perintahkan kepada kepala BPBD (Kabupaten Malang) untuk dasar pemberian bantuan adalah verifikasi, kami tidak menunggu selesai verifikasi, jadi yang sudah, kami ajukan, kemudian nanti verifikasi yang kedua ini selesai kami ajukan lagi,” beber Wahyu.

Seperti diketahui, bantuan yang dijanjikan oleh BNPB adalah pembangunan kembali rumah korban gempa bumi sesuai dengan kerusakan yang dialami.

Topik
korban bencanagempa bumi hari iniduta vaksinasi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru