Gagal SBMPTN? ke Unikama Aja, Ini 8 Alasan Memilih Unikama

Jun 16, 2021 14:02
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)(Ist)
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)(Ist)

MALANGTIMES - Bagi para calon mahasiswa yang gagal dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jangan berkecil hati. Di Kota Malang banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dalam kualitasnya tak kalah dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Salah satu PTS tersebut adalah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama).

Universitas yang mahasiswanya dari berbagai daerah di penjuru Indonesia itu, merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin tetap melanjutkan studi. Sebab, kampus multikultural itu tak diragukan lagi mempunyai segudang prestasi maupun sumberdaya baik tenaga pendidik atau kependidikan yang berkompeten di bidangnya.

1

Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unikama, Rina Wijayanti MSi menyampaikan calon mahasiswa yang tidak diterima dalam SBMPTN, Unikama membuka kesempatan seluas-luasnya untuk bergabung dengan Unikama.

"Kami siap menerima teman-teman yang ingin bergabung dengan kampus multikultural ini," terangnya.

Karenanya, untuk yang ingin bergabung dengan Unikama, calon mahasiswa bisa mengakses informasi mengenai pendaftaran online melalui pmb.unikama.ac.id atau bisa menghubungi nomor kontak 081336675588, 08113780081 untuk informasi lebih lanjut.

2

Lebih lanjut dijelaskannya, jika banyak alasan mengapa memilih Unikama, yakni:

1. Punya rangking bagus di antara PTN maupun PTS di Indonesia

Bukan sembarangan, Unikama memiliki peringkat yang patut untuk dipertimbangkan. Unikama menjadi peringkat 1 perguruan tinggi PGRI se-Indonesia. Selain itu, di antara ratusan bahkan ribuan PTN maupun PTS lain, kampus yang berada di Jl Sudancho Supriyadi No. 48 Kecamatan Sukun, Kota Malang ini menduduki peringkat 89 dari PTN maupun PTS di Indonesia.

2. Punya akreditasi yang bagus dari BAN-PT

Unikama memiliki tata kelola kampus yang bagus, baik dari sisi pengelolaan SDM maupun dari sisi pengembangan pendidikan. Untuk itu, Unikama kini memiliki akreditasi B dari BAN PT sehingga pembelajaran dan tata kelola kampus sudah terkualifikasi dan memenuhi standart akreditasi.

3. Unikama, kampus multikultural dan representatif

Mahasiswa Unikama, tak hanya berasal dari sekelumit daerah saja. Mahasiswa Unikama bahkan banyak yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang berlatar belakang suku, ras maupun agama yang berbeda-beda. Di kampus inilah, pemandangan atau miniatur Indonesia nampak dengan toleransi berbudaya maupun beragama.

4. Memiliki banyak pilihan Prodi

Unikama memiliki enam fakultas dan 18 Prodi yang sesuai dengan kebutuhan global. Selain itu, Unikama juga memiliki Program Pascasarjana dan juga Program Penyelenggara PPG.

3

5. Banyak beasiswa dan potongan

Unikama menawarkan program beasiswa kepada mahasiswa sebagai berikut:

1. Beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik. 
2. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar - Kuliah (KIP-K). Pendaftaran KIP-K melalui situs kemdikbud: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Untuk pembayaran Unikama sangat berempati dengan kondisi masyarakat saat ini dengan menyediakan sistem angsuran. Calon mahasiswa bisa membayar perkuliahan secara mengangsur menyesuaikan kemampuan. Selain itu juga terdapat PMDK. Calon mahasiswa yang lolos melalui PMDK, akan mendapatkan potongan DPP 100 persen. Begitupun untuk yang menunjukkan kartu UTBK saat daftar di Unikama mendapatkan potongan DPP sebesar 50 persen.

6. Punya fasilitas kampus lengkap

Berbagai macam fasilitas telah dimiliki kampus Unikama dalam rangka mendukung proses pembelajaran.

Fasilitas tersebut antara lain, kampus yang representatif dan mudah diakses transportasi umum, Banks dan ATM dalam wilayah kampus, Asrama Mahasiswa (Rusunawa), Koperasi Mahasiswa Language Access Center (LAC), Pusat Pengembangan Karir Lembaga Sertifikasi Profesi, Laboratorium Komputer Bahasa, Laboratorium IPA, Laboratorium PAUD, Laboratorium Integrated Farming dengan kandang ayam broiler sistem closed house populasi 10.000 ekor.

Kemudian, Galeri Investasi, Ruang Multimedia, Ruang Microteaching CPA (Certified Public Accountant) Test, Perpustakaan Digital, Unikama Wifi Zone - Free Hotspot, Cafetaria, Auditorium Multikultural, Aula Sarwakirti, Microsoft Agreement, Wall Climbing, Lapangan Tenis, Basket dan Futsal dan fasilitas lainnya yang masih terus dikembangkan.

5

7. Punya segudang prestasi

Unikama termasuk 10 besar universitas swasta terbaik di Jawa Timur, Peringkat 1 Perguruan Tinggi PGRI se Indonesia, Top 100 Besar Perguruan Tinggi se-Indonesia berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Kemdikbud Tahun 2020, 10 Program Studi (Prodi) di Unikama lolos pendanaan bantuan program studi menerapkan kerjasama kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unikama lolos penerima bantuan dana penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Kemdikbud, Unikama meraih Rekor dari Museum Rekor Dunia - Indonesia (MURI) atas Rekor Webinar dengan Pembicara Alumni Terbanyak dari Satu Perguruan Tinggi.

Kemudian, Unikama terpilih sebagai kampus pelaksana program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Permata-Sakti) oleh Direktorat Belmawa Dirjen Dikti Kemdikbud, Unikama lolos program Kampus Mengajar Perintis (KMP) dari Kemdikbud, Unikama lolos program kampus mengajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Unikama memiliki 13 Jurnal Ilmiah Terakreditasi Sinta, Business and Entrepreneurship Center (BEC), lolos seleksi program Startup Inovasi Indonesia (SII) yang diluncurkan oleh Kemenristek-BRIN tahun 2021.

Selanjutnya, Unikama merupakan penyelenggara program profesi guru, Unikama mendapat kepercayaan dari Kemendikbud dan Kemenristekdikti sebagai Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) untuk penguatan kepala sekolah.

8. Banyak mahasiswa berprestasi di Unikama

30 mahasiswa lolos Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA SAKTI) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kemdikbud, 13 mahasiswa lolos Program Kampus Mengajar Perintis (KMP) program dari Kemendikbud RI, 53 mahasiswa Unikama lolos program Kampus Mengajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Juara 1 Lomba Video Pendek tingkat nasional di Kompetisi Electrical and Computer Competition 2020 yang diselenggarakan Universitas Udayana dan Kompetisi Fisheries Competition Education Festival 2020 yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, 5 proposal mahasiswa Unikama lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh Kemdikbud.

10 mahasiswa Unikama lolos Proposal Program Holistic Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari Kemdikbud, 3 proposal mahasiswa Unikama lolos Hibah PKM- P dari Kemdikbud, 2 Startup Unikama Bang Beli dan Blantix lolos Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) Tingkat Nasional oleh Kemdikbud Dikti Tim Blantix, Unikama lolos 5 besar STARTUP SUMMIT AWARD Dirjen Belmawa Dikti Kemdikbud Ida Silvia Juara lII Lomba Essay RI Pena National Competition tingkat Nasional.

Juara Lomba G-Contest di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Indra Cahya Putri meraih Juara 3 Kejuaraan Karate Blitar Open se Jawa Timur oleh Bupati Cup-V, Indrianti Yuliani ES dari Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) meraih juara dalam Lomba Penulisan Essay Tingkat Nasional oleh Orda Sanak Lampung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Robi Readi dari Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) meraih 5 piala dalam event tahunan Blitar Koi Show Walikota Cup 2020 Tingkat Nasional.

Kemudian, Mulia Yustika Sari, Ida Silfia dan M Abdul Munib, Juara 1 Lomba Karya Tulis limiah Nasional (LKTIN) CM 6.0. UKM KSM Creative Minority Universitas Malikussaleh - Lhokseumawe.

Topik
Unikamalink ajamahasiswa unikamaunikama malangkampus malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru