Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Gelar Pelatihan Instruktur Senam Lansia Bagi Karang Werdha

Jun 16, 2021 12:16
Pembukaan pelatihan instruktur senam lansia bagi Karang Werdha Kota Malang bertempat di eks Kantor Dinas Sosial Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 
Pembukaan pelatihan instruktur senam lansia bagi Karang Werdha Kota Malang bertempat di eks Kantor Dinas Sosial Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang menggelar pelatihan instruktur senam lanjut usia (lansia) bagi Karang Werdha Kota Malang. 

Pelatihan tersebut bertempat di eks Kantor Dinas Sosial Kota Malang yang berada di Jalan Raya Sulfat Nomor 12, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Peny Indriani mengatakan bahwa gelaran pelatihan instruktur senam lansia bagi Karang Werdha Kota Malang merupakan rangkaian kegiatan di Hari Lansia Nasional 2021 yang berlangsung pada tanggal 29 Mei lalu. 

"Dalam proses pelatihan ini, kita akan pilih 10 instruktur  terbaik. Setelah itu kita akan memilih tiga orang yang terbaik lagi dan memberi semangat kepada mereka," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Rabu (16/6/2021). 

Dan juga untuk kedepan, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang berharap agar di masing-masing kelurahan yang ada di Kota Malang memiliki instruktur senam lansia. 

"Harapan kami nanti di setiap kelurahan ada instruktur yang bisa melatih di tingkat RW di Kota Malang," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Djoewita Wahanani menuturkan bahwa dalam gelaran pelatihan instruktur senam lansia bagi Karang Werdha Kota Malang diikuti oleh 62 peserta. 

"Ada 62 peserta peserta yang mengikuti pelatihan instruktur senam bagi lansia ini. Terdiri dari perwakilan 57 kelurahan dan lima perwakilan forum kecamatan di Kota Malang," terangnya. 

Untuk kegiatannya sendiri digelar selama empat hari yang berlangsung mulai tanggal 15 sampai 18 Juni 2021 bertempat di eks Kantor Dinas Sosial Kota Malang, Jalan Raya Sulfat Nomor 12. 

"Selama empat hari itu pesertanya harus hadir terus. Kalau tidak hadir akan terdiskualifikasi, nanti tidak ada kemajuan di kelurahannya peserta," jelasnya. 

Dalam memberikan pelatihan instruktur senam lansia bagi Karang Werdha Kota Malang juga memerhatikan kondisi para lansia untuk menyesuaikan gerakan-gerakan senam yang harus dilakukan. 

"Jadi senamnya itu tidak seperti aerobik, tapi menyesuaikan kondisi. Ada peregangan, gerakan mengangkat tangan dan kaki. Memang ada gerakan khusus, dan itu Pak Wali sudah menyetujui," tandasnya.

Topik
pelatihan senam lansiasenam lansia kota malangsenam lansia kota malangDinsos Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru