Viral Video Petugas Pemeriksa Swab Ternyata Tidak Melakukan Swab

Jun 16, 2021 10:33
Viral Video Petugas Pemeriksa Swab (Foto: Facebook Windy Syafira Airanuraina Utomo)
Viral Video Petugas Pemeriksa Swab (Foto: Facebook Windy Syafira Airanuraina Utomo)

INDONESIATIMES - Media sosial digegerkan dengan video seorang perempuan yang mempertanyakan apakah bapak-bapak petugas penyekatan di Suramadu sudah melakukan swab test atau belum. 

Video itu ditayangkan secara live melalui akun Facebook bernama Windy Syafira Airanuraina Utomo. Dalam video itu terungkap fakta bahwa petugas penyekatan di Suramadu tidak ada yang bisa menunjukkan bahwa mereka telah di swab. 

Pertanyaan itu ditanyakan karena menurut Windy semestinya petugas sudah swab dulu sebelum memerintah orang lain untuk swab. Apalagi para petugas itu adalah orang yang jelas melakukan kontak dengan banyak orang dari daerah yang saat ini berada dalam zona merah Covid-19. 

Windy yang mengaku sebagai apoteker ini merasa lucu tatkala para petugas penyekatan di Suramadu tidak ada yang bisa menunjukkan surat hasil tes swab mereka kepadanya. 

Dalam video tersebut Windy juga mempertanyakan kenapa terdapat perbedaan batas waktu antara swab yang dilakukan di puskesmas dan swab yang dilakukan di Suramadu. Di mana swab di puskesmas berlaku 3x24 jam, sedangkan swab yang dilakukan di Suramadu hanya 1 x 24 jam. 

Untuk memastikan para petugas penyekatan juga melakukan tes swab, Windy membuat video lagi yang juga diunggah di akun Facebooknya itu. Dalam video tersebut Windy mempertanyakan hal yang sama apakah bapak-bapak petugas penyekatan sudah melakukan tes swab. 

"Mas ini berlaku berapa hari mas?" tanya perempuan itu. 

"1 x 24 jam," ujar petugas. 

"Kemarin 2 x 24 jam mas, saya mau tanya dulu sampean sebagai petugas juga ada surat swab kayak kita nggak," tanya Windy lagi. 

"Sampean ada pegang surat tesnya nggak?" lanjut Windy. 

Bukannya menjawab, petugas itu justru menyuruh Windy untuk terus melakukan perjalanan. 

Selain itu Windy juga bertanya kenapa tes wab dari puskesmas dan si Suramadu itu berbeda. Lagi-lagi petugas itu enggan memberikan penjelasan dan menyuruh Windy untuk terus. Tak berhenti sampai di situ, Windy mencoba bertanya kepada petugas lain. 

"Pak saya mau tanya, kemarin kan saya tes di puskesmas, katanya 3 hari," tanyanya. 

Sama seperti petugas sebelumnya, petugas itu menyuruh Windy untuk bertanya kepada petugas lain dari Dinas Kesehatan. 

"Sampean tanya sana petugas Dinkes, kita hanya melihat KTP langsung kita serahkan ke Dinkes," jawab petugas itu. 

"Kalau di sini apa kata yang di atas pimpinan kita, pimpinan kita bilang A ya A," jelas petugas itu lagi. 

"Kan bapak bagian yang berhentikan kita, saya mau tanya pak bapak ada surat tesnya gak, bapak kan tiap hari ini interaksi sama orang Madura yang katanya ada 70 orang positif, bapak ada surat swab nggak" tanya Windy. 

Mendengar pertanyaan itu, petugas tampak kebingungan dan menduga jika Windy adalah seorang wartawan. Dari situ Windy menyimpulkan jika para petugas itu tidak memiliki surat swab dan tidak bisa menunjukkan surat tersebut.

Topik
petugas swab di suramaduvideo viral swabekspor dan impor

Berita Lainnya

Berita

Terbaru