Pemkot Batu Mulai Buka Lelang Jabatan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

Jun 15, 2021 20:12
Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Usai mengisi kekosongan empat kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Pemkot Batu kembali membuka seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Lingkungan Pemerintah Kota Batu Tahun 2021. Yakni untuk jabatan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu.

Dibukanya lelang jabatan ini setelah mendapatkan persetujuan dari Kemenpan-RB. Sementara posisi kepala DPKP Kota Batu saat ini dijabat oleh pelaksana tugas.

“Empat OPD beberapa saat lalu sudah selesai melakukan lelang jabatan dan sudah dilakukan pelantikan, saat ini dibuka kembali satu OPD,” ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Ia menambahkan, kekosongan kepala DPKP Kota Batu lantaran pejabat sebelumnya memilih untuk pensiun dini. “Giliran yang dilelang jabatannya DPKP Kota Batu, karena pejabat sebelumnya memilih pensiun dini,” tambahnya.

Dibukanya lelang jabatan satu OPD ini bisa diikuti oleh aparatur sipil negara (ASN). Mengingat banyak ASN di Kota Batu yang telah memiliki persyaratan naik jabatan.

“Dibukanya lelang jabatan ini semoga yang punya kompetensi di bidangnya. Agar saat mengambil keputusan dan menjalankan program DPKP bisa lebih maksimal, karena kalau dijabat plt pengambilan kebijakan sangat terbatas,” imbuhnya.

Sementara itu kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu Siswanto menambahkan, ada beberapa persyaratan bagi ASN yang mengikuti lelang jabatan memiliki pangkat/golongan ruang paling rendah Pembina IV/a.

Kemudian memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosio kultural sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang telah ditetapkan. “Peserta melampirkan sertifikat pengembangan kompetensi teknis jika pernah mengikuti dalam dua tahun terakhir,” katanya.

Selain itu harus mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator, terkecuali bagi Pejabat Fungsional Ahli Madya. Lalu memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama lima tahun dan sedang atau pernah menduduki jabatan administrator dan atau jabatan fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat dua tahun.

“Juga melampirkan tanda bukti penyerahan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Tahun 2019 dan 2020,” tambahnya. Selanjutnya melampirkan tanda bukti penyerahan LHKPN/LHKASN Tahun 2020.

Sedangkan jadwal pengumuman pada 11-17 Juni, dilanjutkan pendaftaran oline melalui www.bkpsdm.batukota.go.id/selterjptp mulai 12-17 Juni. Dan pada 30 Juni akan diumumkan hasil seleksi oleh Tim Pansel kepada Wali Kota Batu.

Topik
Lelang Jabatanlelang jabatan kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru