Pemkab Malang Kembali Dapatkan Nirwasita Tantra

Jun 15, 2021 15:36
Bupati Malang HM Sanusi (tengah) saat menghadiri pertemuan virtual penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK (Hendra Saputra/MalangTIMES)
Bupati Malang HM Sanusi (tengah) saat menghadiri pertemuan virtual penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK (Hendra Saputra/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kembali mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut kembali didapatkan setelah dua tahun sebelumnya sempat absen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengatakan bahwa pihaknya kembali mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra peringkat ketiga kategori kabupaten besar dari KLHK. Hal itu adalah bentuk keseriusan Bupati Malang HM Sanusi dalam mengelola lingkungan hidup.

“Ini penghargaan dari Kementerian LH terkait komitmen kepala daerah. Jadi bentuk aktualisasi kepala daerah dalam rangka menindaklanjuti kebijakan pusat dalam pengelolaan lingkungan hidup,” kata Wahyu Hidayat, Selasa (15/6/2021).

Dalam penyerahan penghargaan itu, pertemuan dilakukan secara virtual yang dihadiri pejabat Pemkab Malang di Peringgitan Pendapa Kabupaten Malang. Disitu, disampaikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya bahwa penghargaan itu merupakan bentuk kepemimpinan (Green Leadership) dari kepala daerah.

“Jadi selain apa yang dilakukan kepala daerah baik pelaporan pelaksanaan lingkungan hidup dan bentuk penanganan lingkungan hidup dan kemudian hasilnya diunggah melalui YouTube, mereka juga melihat dan menilai,” ungkapnya.

“Ada juga paparan pak Bupati, kemudian paparan itu kami serahkan lingkungan hidup dan nanti akan ada penilaian dari masyarakat juga,” imbuhnya.

Wahyu Hidayat juga menyampaikan bahwa saat ini adalah momen bagus karena kinerja Bupati Malang terkait penanganan lingkungan hidup di Kabupaten Malang. “Kami terakhir mendapatkan penghargaan ini tahun 2018, dan ini merupakan satu bentuk kepemimpinan yang baik karena konsen kepada lingkungan hidup,” pungkasnya.

Sebagai informasi, penghargaan Nirwasita Tantra diberikan untuk kategori pemerintah daerah provinsi, yaitu DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Tengah. Selanjutnya kategori kabupaten kecil yaitu Sleman, Bangka Tengah, dan Belitung; kategori kabupaten sedang yaitu Sukoharjo, Buleleng, dan Polewali Mandar.

Kategori kabupaten besar yaitu Banyuwangi, Lumajang, dan Malang. Kemudian, kategori kota kecil yaitu Bontang, Padang panjang, dan Pariaman; kategori kota sedang yaitu Ambon, Magelang, dan Madiun; kategori kota besar yaitu Surabaya, Semarang dan Balikpapan.

Topik
Kabupaten MalangWahyu HidayatNirwasita Tantra

Berita Lainnya

Berita

Terbaru