Jelang Porprov Jatim VII 2022, 288 Atlet KONI Kota Malang Jalani Tes Seca

Jun 14, 2021 19:15
KONI Kota Malang melaksanakan tes seca atau tes body composition analysis kepada 288 atletnya di KONI Kota Malang, Senin (14/6/2021) (foto: istimewa)
KONI Kota Malang melaksanakan tes seca atau tes body composition analysis kepada 288 atletnya di KONI Kota Malang, Senin (14/6/2021) (foto: istimewa)

MALANGTIMES-Jelang persiapan Porprov Jatim VII 2022, KONI Kota Malang melaksanakan tes seca atau tes body composition analysis kepada 288 atletnya di KONI Kota Malang, Senin (14/6/2021).

"Tes ini masih tahap pertama. Jadi ada 65 atlet yang jalani tes. Tes ini dilaksanakan dari hari Senin hingga Kamis," ujar Sekretaris KONI Kota Malang, Anang Fatoni.

Tes seca yang bertujuan untuk menganalisa tubuh manusia khususnya para atlet ini hanya dilakukan di KONI Jatim dan KONI Malang saja. Sebab, alat tes seca hanya dimilki oleh KONI Jatim dan KONI Malang.

Dalam proses tes tersebut, Anang menjelaskan, para atlet menempelkan telapak tangan dan kaki pada alat tersebut. Dari situ, dapat diketahui jumlah lemak, kadar air dan lainnya pada tubuh mereka.

"Nanti kita sudah mengetahui dengan dihidupkan alat serta memasukkan badan, lingkar perut, suhu tubuh, tekanan darah. Itu nanti keluar hasil dan melihat masa ototnya berapa, kemudian jumlah kadar airnya berapa, itu ketahuan semua," jelasnya.

Setelah menemukan hasil itu, kemudian dilakukan analisis lagi untuk mengetahui sejauh mana para atlet untuk melaksanakan kegiatan olahraganya.

"Hasil itu kita analisis lagi dan itu kita dapat mengetahui atlet yang rutin atau jarang olahraga. Nah, setiap cabor kan juga berbeda. Contohnya atlet bola dan catur, kan kebutuhan masa ototnya kan berbeda. Dari sana kita tahu," ujarnya.

Topik
KONI KOTA MALANGtes atlet kota malangprogram kredit kota malangPorprov jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru