Tersedia 4.217 Blanko e-KTP, Warga Kota Batu Diimbau Segera Lakukan Perekaman

Jun 14, 2021 11:43
Warga yang sedang menunggu mengurus administrasi di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Warga yang sedang menunggu mengurus administrasi di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu memastikan ketersediaan blanko e-KTP masih mencukupi. Saat ini, tercatat ada 4.217 blanko e-KTP dan diharapkan agar masyarakat yang belum memiliki identitas untuk segera melakukan perekaman.

Karena hingga saat ini, tercatat warga yang belum memiliki e-KTP sejumlah 6.998 orang. Rinciannya di Kecamatan Batu ada 3.265 warga, lalu Kecamatan Bumiaji sebanyak 2.081 warga dan Kecamatan Junrejo ada 1.652 warga.

Sekretaris Dispendukcapil Kota Batu Harul Sunaryo mengatakan, agar warga Kota Batu segera melakukan perekaman e-KTP, sekaligus mensukseskan program satu data Indonesia.

“Bagi yang belum mengurus e-KTP supaya segera mengurus manual. Supaya bisa mempermudah berbagai kepengurusan administrasi,” ungkapnya.

Ada beberapa faktor yang membuat warga belum mengurus e-KTP. Diantaranya sedang berada di luar kota, juga masih banyak warga yang baru saja berusia 17 tahun yang belum mengurus e-KTP.

“Kami mengimbau khususnya untuk warga yang baru usianya 17 tahun segera melakukan perekaman. Karena jumlah blanko masih tersedia banyak,” tambahnya.

Selama ini, upaya jemput bola pun dilakukan oleh Dispendukcapil Kota Batu. Salah satunya dengan melakukan perekaman e-KTP ke setiap desa atau kelurahan.

Kemudian jemput bola juga dilakukan kepada warga lanjut usia dengan petugas datang ke rumah masing-masing. “Kami juga melakukan mobiling dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Harul.

Menurutnya, beragam upaya dilakukan itu agar warga segera melakukan perekam. Melihat masih banyaknya blanko yang tersedia di Dispendukcapil.

Topik
Blanko e KTPKota Batuperekaman KTP elektronikDispendukcapil Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru