Antisipasi Lonjakan Covid-19, Satpol PP Tertibkan Kawasan Alun-Alun Kota Malang

Jun 14, 2021 10:55
Personel Satpol PP Kota Malang saat melakukan penertiban protokol kesehatan pencegahan covid-19 di kawasan Alun-Alun Kota Malang. (Foto: Istimewa).
Personel Satpol PP Kota Malang saat melakukan penertiban protokol kesehatan pencegahan covid-19 di kawasan Alun-Alun Kota Malang. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus meminimalisasi lonjakan kasus covid-19. Salah satunya dengan rutin melakukan penertiban di sejumlah kawasan yang cenderung terjadi kerumunan.

Semisal di  kawasan Alun-Alun Kota Malang, dilakukan penertiban oleh personel Satpol PP Kota Malang belum lama ini. Hal ini ditargetkan lantaran kawasan tersebut kerap menjadi jujugan wisatawan lokal dan luar daerah.

"Kami rutin melalukan penertiban. Dan Alun-Alun Kota Malang ini menjadi salah satu target untuk penertiban protokol kesehatan karena selalu menjadi jujugan wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang," ujar Plt Kepala Satpol PP Kota Malang Heru Mulyono.

Dijelaskan Heru, sejauh ini area taman di wilayah Kota Malang masih belum mendapat izin untuk dibuka. Namun, ketika dilakukan penertiban, banyak ditemui masyarakat yang memasuki kawasan Alun-Alun Kota Malang.

Penutupan taman sebelumnya tertuang dalam Peraturan Wali Kota Malang Nomor 30 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. "Sesuai Peraturan Wali Kota Malang Nomor 30 Tahun 2020 itu selama  pandemi covid-19, seluruh taman di Kota Malang ditutup," jelas Heru.

Dari penertiban yang dilakukan personel Satpol PP, Heru menyatakan, banyak pelanggaran ditemukan berkaitan dengan belum disiplinnya masyarakat untuk memakai masker. Kemudian, masih ditemukan masyarakat yang berkerumun.

Karena itu, pihaknya melakukan peringatan persuasif dan humanis kepada masyarakat. Yakni, dengan meminta untuk meninggalkan kawasan alun-alun hingga memberikan edukasi untuk terus memakai masker sebagai pencegahan covid-19.

Topik
pencegahan covid 19Satpol PP Kota MalangPemkot MalangAlun Alun Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru