Wali Kota Sutiaji Optimis Ekosistem Digital Pacu Peningkatan Industri Kreatif Kota Malang

Jun 13, 2021 13:01
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Bidang industri kreatif di Kota Malang menjadi salah satu yang tengah disoroti. Pasalnya, sektor ini ke depan cukup mumpuni untuk membawa daerah lebih dikenal luas.

Namun, guna memperkuat hal itu, tentunya tetap diperlukan sinergitas antar sesama. Konsep hexahelix (sinergitas pentahelix yang meliputi pemerintahan, dunia usaha, akademisi, komunitas, media, ditambah dengan lembaga keuangan) diusung untuk penguatan itu di Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, hadirnya kelompok-kelompok startup menjadi harapan besar untuk mengusung kolaborasi hexahelix dalam penguatan ekosistem digital kreatif di Kota Malang ini.

"Malang diharapkan menjadi Sillicon Valley-nya Indonesia, kaitannya dengan industri digital. Saya minta kelompok-kelompok startup untuk bangun komitmen dan konsistensi," ujarnya.

Apalagi, hal itu didukung pula dengan tingginya pertumbuhan industri startup di Kota Malang. Sutiaji menyebut, saat ini tercatat setidaknya Kota Malang memiliki sejumlah 168 industri startup berbasis digital.

Pihaknya optimis, jika antar kelompok saling berkolaborasi maka akan semakin menyongsong program kreatif di Kota Malang untuk dikenal hingga ke ranah global.

"Kita tetep punya idealisme yang kuat, dari Malang untuk Indonesia dan dunia kita jadikan kenyataan. Program-program kita harus mendunia. Yakinlah Malang punya potensi itu," imbuhnya.

Lebih jauh Sutiaji menyebut, tumbuh kembang ekonomi kreatif di Kota Malang bakal terbuka luas dengan kolaborasi yang positif tersebut. Sehingga, diharapkan mampu mewujudkan ekosistem digital kreatif guna mendorong tumbuhnya industri startup di Kota Malang.

Terlebih, hal ini didukung pula dengan sumber daya manusia (SDM) Kota Malang yang didominasi pemuda milenial. Setidaknya 50,63% komposisi penduduk Kota Malang merupakan generasi Z. 

"Masalah SDM saya punya keyakinan tidak kekurangan, ini kita kuatkan. Pemkot Malang akan berikan fasilitasi. Ayo berupaya agar Malang ini kita kuatkan lingkungan ekosistem digital kreatifnya. Saya punya keyakinan kita bisa," tandasnya.

Topik
Industri KreatifEkonomi KreatifKota MalangWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru